COVID-19: RELASI SOSIAL SISWA DI BANTEN PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
DOI:
https://doi.org/10.21831/dimensia.v10i2.47297Keywords:
Covid-19, relasi sosial, siswa, PJJAbstract
Dampak pandemi covid-19 pada sektor pendidikan ialah pelaksanaan pembelajaran jarak jauh secara daring. Hal itu mereduksi sistem pendidikan dari berbagai aspek termasuk dimensi sosial. Aktivitas sosial yang biasa terjadi di sekolah tidak memungkinkan dilakukan sehingga terjadi hambatan terhadap proses sosial secara langsung antar siswa. Oleh karena itu, Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana relasi sosial siswa SMA lokal Banten dalam situasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di tengah pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode survei. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: kuantitas interaksi langsung tatap muka bersifat jarang dan tidak sukarela. Interaksi tidak langsung melalui media teknologi bersifat intens dan terjalin keakraban pada pola interaksi tidak langsung secara online.
References
Amber Hollar.2008. "Social Experiences in the Classroom",https://sites.google.com/site/crmmprojectsite/Home/chapter-11--relevance-strategy. Diakses 7 April 2021.
Doni harfiyanto,dkk."Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget Di Sma N 1 Semarang",Journal of Educational Social Studies, volume 4, No 1, 2015:3.
Hurst, B., Wallace, R., & Nixon, S. B, "The Impact of Social Interaction on Student Learning", Reading Horizons: A Journal of Literacy and Language Arts, Vol 52, No 4, 2013:376-382.
I Gede Sedana Suci, dkk. 2020. Pengantar Sosiologi Pendidikan.Pasuruan: Qiara Media.
Kemenlu. 22 April 2020. "Kebijakan Pemerintah Republik Indonesia terkait Wabah Covid-19". https://kemlu.go.id/. Diakses 29 Maret 2021.
Maunah, Binti. 2016. Sosiologi pendidikan. Yogyakarta: Media.
Rizki Setiawan, "Karakteristik Dasar Literasi Digital dan Relasi Sosial Generasi Milenial Banten",Sosioglobal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, Volume 4, no 2, 2020,158-166.
Soekanto, Soerjono. 2019. Sosiologi Suatu Pengantar. Depok: Rajawali Pers.
Subadi, Tjipto. 2009. Sosiologi dan Sosiologi Pendidikan. Surakarta: Fairuz Media.
Totok Wahyu Abadi,dkk. 2013. Media Sosial dan Pengembangan Hubungan Interpersonal Remaja di Sidoarjo. Jurnal Ilmu Komunikasi, vol 2 no 1: 99-100.
Widodo,T. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Solo: UNS Press.
Yohannes Marryono Jamun,dkk. "Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa SMA Di Kecamatan Langke Rembong", Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, volume 3, No 1, 2019, 6.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan lebih awal dan lebih banyak (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
====================================================
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).