PERAN KARYA SASTRA SESAGAI SAIZANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI ANAK
Downloads
jugs ~nc~iiilipkc~ra nan yang sangat penting bagi keberhasila~l
keh~dupan dan niasa depan seorang anak. Mengingat pentingnya
peranan kccerdasan eniosional bagi kehidupan anak, sejak usia dini
seorang anak harus dilatih untuk meningkatkan kecerdasan
emosinya. Sebagai model dari kehidupan yang memiliki hubungan
langsung niaupun tak langsung dengan reaiitas dalani dunia nyata,
karya sastra dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sarana untuk
mengenibangkan kecerdasan e~nosain ak.
Tulisan ini niembahas peran karya sastra sebagai salah
satu sarana untuk mengembangkan kecerdasan emosi anak. Dengan
membaca knrya sastra, secara tidak langsung seorang anak
mendapatkan contoli bagaimana rnanusia dalarn alain nyata
mengenali. niengekspresikan. dan mengelola emosinya. serta
me~notivasdi iri dalam membinal~ubungand engan orang lain.
tlntuk ~iiencapa~p enga.iaran sastra yang lnalnpcl
mengembangkan kecerdasan emosi anak. ~naka anak dilibatkan
secara langsung dalam aktivitas membaca. menghayati.
menginterpretasika~~d,a n memahami karya sastra, dengan
mclibatkan c~nosinyn
Wiyatmi, W. (2016). PERAN KARYA SASTRA SESAGAI SAIZANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI ANAK. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9030
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 230/E/KPT/2022 which is valid for five years since enacted on 30 December 2022.