PENDEKATAN TERMODINAMIKA SUATU ALTERNATIF MENGAJARKAN KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA
Downloads
memperoleh kestabilan yang maksimum, yaitu' suatu keadaan
kesetimbangan. Suatu aspek p~nting dalam kesetimbangan
adalah kedudukan kesetimbangan. Kedudukan kesetimbangan
menentukan jumlah hasil reaksi yang' dapat diperoleh secara
kuantitatif.
Pendekatan kinetika untuk mengajarkan kesetimbangan:
kimia kurang berhasil menjelaskan beherapa konsep' maupun
prinsip kesetimbangan. secara kuantitatif. Pendekatan ini
memang .cukup berhasil untuk menjelaskan hal-hal yang kualitatif.
Sedangkan pendekatan termodinamika dapat menjelaskannya
dengan cukup mtidah. Dengan pendekatan termodina- .
mika, dibutuhkan kesiapan matematika yang lebih mapan,
sebab pendekatan ini menggunakan alur berfikir secara matematis.
Gultom, T. (2016). PENDEKATAN TERMODINAMIKA SUATU ALTERNATIF MENGAJARKAN KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8779
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 230/E/KPT/2022 which is valid for five years since enacted on 30 December 2022.