PENGEMBANGAN PROGRAM MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII SMP DI BANJARBARU

Authors

  • Rahmad Hidayat Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan
  • Endang Nurhayati Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/lt.v1i1.2471

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan program multimedia interaktif berbasis Flash untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Kota Banjarbaru. Penelitian ini meng-ukur kualitas program ditinjau dari validasi ahli, penilaian pengguna dan hasil pretest-posttest. Pengembangan dilakukan melalui lima tahapan, yaitu: (1) analisis awal, (2) desain, (3) pengem-bangan program, (4) evaluasi, dan (5) pengemasan produk akhir. Subjek uji coba adalah siswa dan guru Bahasa Inggris kelas VII di SMP Negeri 11 Banjarbaru. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar validasi, angket guru dan siswa, dan pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kualitas program dari segi materi dan media termasuk dalam kategori sangat baik dengan rerata skor 4,30 dan 4,44; (2) kualitas program dari penilaian guru dan siswa masuk dalam kategori baik dengan rerata skor 3,79 (guru) dan 4,18 (siswa); dan (3) terdapat peningkatan antara rerata skor hasil pretest (61,33) dengan posttest (85,2). Dengan demikian program multimedia yang dikembangkan cocok dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas.

Kata kunci: pengembangan program, multimedia, kosakata, Flash

Downloads

Published

2014-05-01

How to Cite

[1]
Hidayat, R. and Nurhayati, E. 2014. PENGEMBANGAN PROGRAM MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII SMP DI BANJARBARU. LingTera. 1, 1 (May 2014), 76–85. DOI:https://doi.org/10.21831/lt.v1i1.2471.

Issue

Section

Articles