RAGAM BAHASA SERAT KALATIDHA SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SISWA SMP NEGERI 7 YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/lt.v1i1.2468Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis ragam bahasa dan nilai sosial budaya dalam serat Kalatidha, serta kerelevansian diksi serat Kalatidha terhadap pembelajaran. Jenis peneliti-an adalah campuran. Subyek penelitian adalah serat Kalatidha, objek penelitian adalah jenis ragam dan nilai sosial budaya dalam serat Kalatidha. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP N 7 Yogya-karta, sampel penelitian yaitu siswa kelas IX SMP N 7 Yogyakarta. Metode pengumpulan data yaitu simak, catat, dan tes. Instrument penelitian yaitu peneliti sendiri, kolom data, dan tes. Keabsahan data dilakukan dengan pemeriksaan. Analisis data dilakukan dengan klasifikasi dan menggunakan software AnatesV4. Hasil penelitian yaitu, (1) jenis ragam dalam serat Kalatidha antara lain ragam tidak resmi, sastra, jengkel, sedih, senang, bingung, mantap, bimbang, malu, kreatif, beku, dan filosofis, (2) nilai sosial budaya yang ada antara lain bahasa, strata sosial, sistem pemerintahan, sistem religi, dan sistem pengetahuan, (3), diksi serat Kalatidha tidak relevan dalam pembelajaran bahasa Jawa SMP.Kata kunci: ragam bahasa, serat Kalatidha
Downloads
Published
2014-05-01
How to Cite
[1]
Permana, C.P. and Nurhayati, E. 2014. RAGAM BAHASA SERAT KALATIDHA SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SISWA SMP NEGERI 7 YOGYAKARTA. LingTera. 1, 1 (May 2014), 39–53. DOI:https://doi.org/10.21831/lt.v1i1.2468.
Issue
Section
Articles
License
LingTera allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
- Authors are allowed to archive their submitted articles in an open-access repository.
- Authors are allowed to archive the final published article in an open-access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://petier.org/index.php/PETIER.