Evaluasi Sistem Blok secara Daring pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Interior Gedung Kelas XI Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Sedayu

Penulis

  • Hafni Yusrina Dewi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Agus Santoso Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpts.v4i1.48534

Kata Kunci:

Evaluasi, Sistem blok, Daring

Abstrak

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the evaluation of the block system that was carried out online in the APLPIG Class XI subject of Building Modeling and Information Design Expertise Competencies at SMK Negeri 1 Sedayu. The type of research used is evaluative research with the CIPP model (Context, Input, Process, Product). The subjects of this study were 1 APLPIG Class XI teacher and 30 APLPIG Class XI students. The data collection technique used is the method of observation, questionnaires, interviews, and documentation. Data analysis used quantitative methods with descriptive statistical analysis techniques. The results of this evaluation are 1) the context of the application of the block system is in the good and quite good category; 2) block system input in good category; 3) the block system implementation process is in the good category; 4) the product of the application of the block system is categorized as quite good. The application of the block system which is carried out online in APLPIG Class XI subjects is in the category of being quite effective and can be continued, but with the help of providing motivation from the teacher to students so that learning achievement continues to increase.

Keywords: Evaluation, Block system, Online  

ABSTRAK

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi sistem blok yang dilaksanakan secara daring pada mata pelajaran APLPIG Kelas XI Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Sedayu. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan penelitian evaluatif dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek dari penelitian ini merupakan 1 Guru APLPIG Kelas XI dan 30 peserta didik Kelas XI APLPIG. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan metode observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil dari evaluasi ini adalah 1) konteks penerapan sistem blok masuk dalam kategori baik dan cukup baik; 2) input sistem blok dalam kategori baik; 3) proses pelaksanaan sistem blok masuk dalam kategori baik; 4) produk dari penerapan sistem blok masuk dalam kategori cukup baik. Penerapan sistem blok yang dilaksanakan secara daring pada mata pelajaran APLPIG Kelas XI masuk dalam kategori cukup efektif dan dapat dilanjutkan, namun dengan bantuan pemberian motivasi dari pendidik kepada peserta didik agar prestasi belajar terus meningkat.

Referensi

Arikunto, S. (2009). Prosedur penelitian: suatu pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19.

Nasution. (2005). Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. Jakarta: PT Bhumi Aksara.

Rahail, R.B. & Guntur. (2019). Evaluasi program pembinaan atlet taekwondo di Pengurus Provinsi Taekwondo Papua. Thesis: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

Diterbitkan

2022-06-19

Cara Mengutip

Dewi, H. Y., & Santoso, A. (2022). Evaluasi Sistem Blok secara Daring pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Interior Gedung Kelas XI Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Sedayu. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 4(1), 94–103. https://doi.org/10.21831/jpts.v4i1.48534

Terbitan

Bagian

Articles