Penerapan Model Tutor Teman Sejawat Berbasis Internet untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Fisika

model tutor teman sejawat internet aktivitas belajar

Authors

  • Amat Jaedun
    journal_jptk@uny.ac.id
    Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT-UNY, Indonesia
January 5, 2016
May 1, 2009

Downloads

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas model pembelajaran tutor teman sejawat berbasis internet dalam meningkatkan aktivitas belajar pada mata kuliah Fisika; (2) mengidentifikasi kendala-kendala yang terjadi dalam implementasi model pembelajaran tutor teman sejawat berbasis internet. Penelitian ini termasuk eksperimen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S-1 peserta mata kuliah Fisika di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan. Sampel penelitian, terdiri dari dua kelas, yaitu kelas A sebagai kelompok eksperimen, terdiri dari 35 mahasiswa, dan kelas B sebagai kelompok kontrol, dengan 34 mahasiswa. Instrumen menggunakan kuesioner dan soal-soal tugas. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, analisis komparasi dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran tutor teman sejawat berbasis internet terbukti efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa, yang ditunjukkan dengan: motivasi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan belajar dalam kelompok makin meningkat; dan tanggung jawab mahasiswa dalam penyelesaian tugas-tugas kelompok tinggi; (2) Kendala dalam implementasi model pembelajaran tutor teman sejawat berbasis internet tersebut adalah: (a) kelompok yang tidak solid akan menghambat peningkatan aktivitas belajar mahasiswa sehingga dibebaskan memilih sendiri kelompoknya; (b) model pembelajaran tutor teman sejawat berbasis internet menuntut tersedianya jaringan internet dengan kecepatan akses yang memadai.