EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS GAME MONOPOLI DALAM PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI SISWA
Keywords:
bimbingan kelompok, permainan monopoli, percaya diriAbstract
Penelitian ini berlatarbelakang adanya siswa-siswa terisolir di SMA N 1 Punung dengan tujuan untuk mengetahui bagaimanakah efektifitas bimbingan kelompok berbasis game monopoli dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pra-eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa terisolir di kelas XI. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, angket/kuesioner, dan sosiometri. Tehnik analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan pengujian hipotesis uji non-parametris Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian analisis observasi menunjukan 40% siswa berada dalam kategori cukup baik dan 60% siswa dalam kategori baik. Sedangkan berdasarkan analisis pre-test dan post-test dengan uji Wilcoxon diperoleh hasil bahwa Zhitung (2,0) > Ztabel (1,6) dengan taraf signifikansi 5% artinya Ha diterima dengan kata lain terjadi peningkatan kepercayaan diri siswa terisolir setelah diberi perlakuan, maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok berbasis game monopoli efektif terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa terisolir. Dengan ini diharapkan siswa dapat terus meningkatkan minat bersosial, kemampuan menyesuaikan diri, kepercayaan diri dan kemampuan tenggang rasa dalam hubungannya dengan teman misalnya dengan lebih giat dalam mengikuti organisasi dan ekstrakurikuler.
References
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168.
Andriyani, F., Saraswati, R. R., Melasari, D., Putri, A., & Sumardani, D. (2020). Monopoly Learning Media: Education Media in Structure and Function of Plant Tissue Theory. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 6(1), 81–87. https://doi.org/10.36987/jpbn.v6i1.1559
Ardi, Z., Ibrahim, Y., & Said, A. (2012). Capaian Tugas Perkembangan Sosial Siswa dengan Kelompok Teman Sebaya dan Implikasinya terhadap Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 1(2). https://doi.org/10.24036/0201212522-0-00
Arifin, S., Utomo, P., & Anisa, N. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) dengan Simulasi Media Monopoli pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 631–632.
Deni, A. U., & Ifdil. (2016). Konsep Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 43–52. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/72
Fatnar, V. N. (2014). Kemampuan Interaksi Sosial Antara Remaja. Jurnal Fakultas Psikologi, 2(2), 71–75.
Fijriani, F., & Amaliawati, R. (2017). Layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 24. https://doi.org/10.26539/116
Haque, R. A., Susanto, D., Damayanti, S. D., & Apriliani, R. (2022). Hubungan Konsep Diri dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Ar Rahman Palembang. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling, 107–116.
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi, Ed.; Issue March). Pustaka Ilmu.
Hidayati, S. R. N., & Savira, S. I. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri dan Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Moderator Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(03), 1–11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41122
Imarotul Qibthiyah. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Teman Sebaya Terhadap Pemilihan Jurusan Di Perguruan Tinggi. Jupe, 6, 322.
Irawan, E. (2013). Efektivitas Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Psikopedagogia, II(1), 44–54.
Jais, E., Rezky, R., & Siombiwi, S. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Timbulnya Rasa Takut Siswa akan Kegagalan dalam Mempelajari Matematika. MANDALIKA Mathematics and Educations Journal, 1(2), 95. https://doi.org/10.29303/mandalika.v1i2.1596
Kau, M. A., & Idris, M. (2020). Deskripsi Penyesuaian Sosial Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 265. https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.265-274.2018
Kirkpatrick, L. A., & Feeney, B. C. (2013). A simple guide to IBM SPSS statistics for version 20.0. In Belmont, Calif.: Wadsworth, Cengage Learning.
Nurkidam, A. (2016). Hubungan Antara Gaya Belajar Dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Studi Pendidikan, 16(10), 39–41. https://doi.org/10.35905/alishlah.v14i1.385
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian (1st ed.). Sibuku Media.
Prasetyoaji, A., Warih Utami, N., Rossydah, S., & Astuti, B. (2022). Evaluasi Pengembangan Media Aplikasi Identifikasi Multiple Intellegence by Howard Gardner dalam Penentuan Putusan Karir. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 12(2), 94–105. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/counsellia.v12i2.11346
Prayitno, Afdal, Ifdil, & Ardi, Z. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling Kelompok. In Y. Sartika (Ed.), Perpustakaan Nasional : Katalog Dalam Terbitan (KDT). Ghalia Indonesia. https://batukota.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=OTc4MDZhYzZhYzAyY2U4ZTBlNTNlYmJm&xzmn=aHR0cHM6Ly9iYXR1a290YS5icHMuZ28uaWQvcHVibGljYXRpb24vMjAxNS8xMC8zMC85NzgwNmFjNmFjMDJjZThlMGU1M2ViYmYvc3RhdGlzdGlrYS1kYWVyYWgta290YS1iYXR1LTIwMTUuaHRtbA%253D
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Putra, F. (2017). Ketercapaian Tugas-Tugas Perkembangan Siswa SMA Dan Siswa Pondok Pesantren . Jurnal Counseling Care, 1(1), 27–34.
Putra, F. I., Darmawani, E., & Putri, R. D. (2020). Faktor Penyebab Siswa Yang Terisolir (Studi Kasus Di Smk Pgri 1 Palembang). Jurnal Wahana Konseling, 3(1), 37. https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.4945
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Al-Irsyad, 12(1), 40. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935
Siregar, M. D. (2015). Kontribusi Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa (Sebuah Studi Persepsi). Jurnal Educatio, 10(1), h. 150. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/article/download/97/75
Suryani, C. D. (2019). Peningkatan Kepercayaan Diri melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X PS2 SMK Negeri 1 Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 252–269. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.14997
Susanto, A., Raharjo, & Prastiwi, M. S. (2019). Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Joyful Learning Journal, 6(4), 228–233. https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.18864
Suwanto, I., Istirahayu, I., & Qonitha, I. (2022). Pengaruh Kelompok Teman Sebaya Terhadap Penentuan Studi Lanjut Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan KOnseling, 12(2), 106–115. https://doi.org/10.25273/counsellia.v12i28861