Implementasi Scientific Process pada Mata Pelajaran Biologi di MA Kotamadya Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7168Kata Kunci:
kurikulum 2013, pendekatan scientific, madrasah aliyah kotamadya yogyakartaAbstrak
Telah dilakukan penelitian mengenai implementasi pembelajaran dengan pendekatan scientific process menurut kurikulum 2013 pada pembelajaran biologi di Madrasah Aliyah (MA) Kotamadya Yogyakarta negeri dan swasta. Penelitian ini termasuk penelitian discrepancy dengan jenis penelitian deskriptif yang membandingkan implementasi proses pembelajaran dengan pendekatan scientific dengan tuntutan proses pembelajaran menurut standar proses pada kurikulum 2013. Sampel penelitian ini adalah seluruh MA negeri dan swasta di Kotamadya Yogyakarta yang terdapat mata pelajaran biologi. Pembelajaran yang diamati adalah kelas X yang menggunakan kurikulum 2013. Data diperoleh dari 2 sekolah negeri dan 3 dari sekolah swasta. Sekolah negeri yaitu MAN Yogyakarta 1 dan MAN Yogyakarta 2. Sementara itu, sekolah swasta terdiri dari MA Mualimin Yogyakarta, MA Mualimat Yogyakarta, dan MA Nurul Ummah Yogyakarta. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi kegiatan pembelajaran guru dan siswa dan handycam untuk merekam kegiatan pembelajaran. Data yang diperoleh berupa catatan kegiatan pembelajaran dan rekaman proses pembelajaran di kelas X MA Kotamadya Yogyakarta. Data dianalisis dengan secara deskriptif dengan menggunakan lembar analisis yang diadopsi dari lembar observasi pembelajaran dengan pendekatan scientific menurut kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan implementasi lima pengalaman belajar pokok dalam pendekatan scientific menurut kurikulum 2013 belum optimal. Tidak ada perbedaan antara status sekolah dengan lima pengalaman belajar pokok dalam pendekatan scientific menurut kurikulum 2013.
Kata kunci: kurikulum 2013, pendekatan scientific, madrasah aliyah kotamadya yogyakarta
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.