Analisis Kebutuhan Bahan Ajar E-modul berbasis Pendekatan STEM dengan Scaffolding untuk Mendukung Pembelajaran Hybrid Learning di SMA

Penulis

  • Bella Chantika Putri Universitas Jambi
  • Menza Hendri Universitas Jambi
  • Dian Pertiwi Rasmi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.45002

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru terhadap salah satu pengembangan media pembelajaran berupa e-modul yang berbasis pendekatan STEM dengan scaffolding yang berbantuan sehingga siswa dapat belajar secara mandiri dengan pembelajaran yang dilakukan hybrid learning saat ini. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui pertanyaan wawancara yang diajukan kepada guru. Dari hasil wawancara yang dilakukan didapatkan hasil bahwa belum tersedianya bentuk bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa pada pembelajaran hybrid learning. Perlu adanya pengembangan bahan ajar berupa e-modul. E-modul yang dikembangkan berbasis pendekatan STEM.Selain itu terdapat pula bantuan scaffolding yang dapat memudahkan peserta didik ketika belajar mandiri baik di rumah maupun di sekolah, karena pembelajaran saat ini dilaksanakan secara hybrid learning . Sehingga peneliti akan melakukan pengembangan E-modul berbasis pendekatan STEM dengan Scaffolding untuk mendukung pembelajaran hybrid learning .

Kata Kunci: Analisis Kebutuhan, Hybrid Learning, E-Modul, STEM, Scaffolding

Diterbitkan

2022-10-30

Cara Mengutip

Putri, B. C., Hendri, M., & Rasmi, D. P. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar E-modul berbasis Pendekatan STEM dengan Scaffolding untuk Mendukung Pembelajaran Hybrid Learning di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 10(1), 43–49. https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.45002

Terbitan

Bagian

Articles