Pengembangan Integrated Science Worksheet Berbasis Guided Inquiry Learning dalam Rangka Menyongsong Kurikulum 2013

Penulis

  • Asri Widowati FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
  • Putri Anjarsari FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.2485

Kata Kunci:

integrated science, guided inquiry, kurikulum 2013

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan worksheet of integrated science berbasis guided inquiry learning yang layak digunakan dalam pembelajaran kurikulum 2013, khususnya untuk mengembangkan keterampilan berpikir dan scientific attitude siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengemba-ngan dengan memodifikasi langkah-langkah penelitian 4-D (four-D models) Borg dan Gall namun dibatasi pada tahap develop (3-D dari 4-D). Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Juli 2013 s/d November 2013. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian kelayakan perangkat pembelajaran serta lembar iden-tifikasi ketercakupan keterampilan berpikir dan scientific attitude. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS IPA terpadu yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran kurikulum 2013 dan berpotensi untuk mengembangkan keterampilan berpi-kir serta scientific attitude siswa SMP.

Kata kunci: integrated science, guided inquiry, kurikulum 2013

Diterbitkan

2013-12-13

Cara Mengutip

Widowati, A., & Anjarsari, P. (2013). Pengembangan Integrated Science Worksheet Berbasis Guided Inquiry Learning dalam Rangka Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 165–175. https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.2485

Terbitan

Bagian

Articles