Kemampuan Mengkonstruksi Peta Konsep dan Pengaruhnya Terhadap Penguasaan Konsep Bioteknologi
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12199Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengukur efektivitas penggunaan peta konsep pada konsep-konsep yang mendasari bioteknologi terhadap penguasaan konsep. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa Pendidikan Biologi peserta mata Kapita Selekta Biologi SMA 1 dan 2 yang membahas 5 materi/konsep yang melandasi bioteknologi. Efektivitas penggunaan peta konsep diukur berdasarkan peningkatan nilai peta konsep dari satu materi ke materi berikutnya, serta berdasarkan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan, penguasaan konsep-konsep dasar bioteknologi meningkat seiring dengan nilai peta konsep.
Kata kunci: bioteknologi, penguasaan konsep, peta konsep
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.