Kemampuan Mengkonstruksi Peta Konsep dan Pengaruhnya Terhadap Penguasaan Konsep Bioteknologi

Penulis

  • Widi Purwianingsih Sekolah Pascasarjana UPI Bandung
  • Nuryani Y Rustaman Sekolah Pascasarjana UPI Bandung
  • Sri Redjeki Sekolah Pascasarjana UPI Bandung

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12199

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengukur efektivitas penggunaan peta konsep pada konsep-konsep yang mendasari bioteknologi terhadap penguasaan konsep. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa Pendidikan Biologi peserta mata Kapita Selekta Biologi SMA 1 dan 2 yang membahas 5 materi/konsep yang melandasi bioteknologi. Efektivitas penggunaan peta konsep diukur berdasarkan peningkatan nilai peta konsep dari satu materi ke materi berikutnya, serta berdasarkan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan, penguasaan konsep-konsep dasar bioteknologi meningkat seiring dengan nilai peta konsep.

Kata kunci: bioteknologi, penguasaan konsep, peta konsep

Diterbitkan

2016-07-27

Cara Mengutip

Purwianingsih, W., Rustaman, N. Y., & Redjeki, S. (2016). Kemampuan Mengkonstruksi Peta Konsep dan Pengaruhnya Terhadap Penguasaan Konsep Bioteknologi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 15(1), 51–55. https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12199