Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Lectora Inspire: A Literature Riview
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.51330Abstract
Perkembangan IPTEK di bidang pendidikan semakin pesat pemanfaatan media pembelajaran. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaraan merupakan suatu terobosan luar biasa. Salah satu media yang bisa dimanfaatkan yaitu dengan bahan ajar berbasis multimedia yaitu lectora inspire. Pembelajaran yang dapat menggunakan bahan ajar berbasis multimedia yaitu biologi, dimana pada pembelajaran biologi ini termasuk materi yang sulit untuk dipahami oleh peserta didik. Tujuan penulusian artikel ini adalah untuk melakukan literature riview. Metode yang digunakan adalah literature riview yang bersumber dari google scholer. Berdasarkan hasil literature riview didapatkan hasil validasi ahli media dan hasil validasi ahli materi adalah valid atau media pembelajaran berbasis lectora inspire sangat layak digunakan pada materi pembelajaran biologi.
References
Amilia, H. F., et al. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire pada Tema 3 Subtema 7 dengan Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Kelas IV SDN Karangtengah 1 Kota Blitar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(3), 213–224.https://doi.org/10.17977/um065v1i32021p213-224
Desy. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire. Orphanet Journal of Rare Diseases, Volume 21(1), 1–9.
Gusliani, G., dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire 17 pada Materi Mamalia untuk Siswa Kelas X SMA. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, Volume 1(1), 23-33.
Hamidah, A., & Hakim, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire 17 Pada Materi Mamalia Untuk Siswa Kelas X Sma Developing Learning Media Using Lectora Inspire 17 in Mamalia Materials for Grade X High School Students. Journal of Biology Education Research, 1(1), 22725070.http://ejournal.metrouniv.ac.id/indelz
Joni, et al. (2020). Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Sma. EduNaturalia: Jurnal Biologi Dan Kependidikan Biologi, Volume 1(1), 14–25.
Lasksani, dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Teknik Listrik Dan Elektronika Berbasis Lectora Inspire 17. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, Volume 7(2), 81-89.
Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP Press.
Otoluwa, Y., dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Yang Diintegrasikan Dengan Camtasia Studio Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sistem Informasi Geografi. Jambura Geo Education Journal, 1(1), 01–08. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i1.4041
Putri, dkk. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire dan PowToon pada Materi Fungsi Komposisi Kelas X SMA. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Volume 2(1), 660-666.
Ristiani, S. M. I., dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Versi 12 pada Mata Pelajaran IPA Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Karakter Kreatif Siswa. Jurnal Basicedu, Volume 5(1), 30-40.
Shalikhah, N. D., dkk (2017). Media pembelajaran interaktif lectora inspire sebagai inovasi pembelajaran. Warta Lpm, Volume20(1), 9-16.
Siamy, L., dkk. (2018). Media Belajar Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Desimal : Jurnal Matematika, Volume 1(1), 113–117
Ummi, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Semester Ii Kelas X Sma Berbasis Lectora Inspire. Jurnal Nalar Pendidikan, Volume 6(1), 41. https://doi.org/10.26858/jnp.v6i1.6041
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.