Hubungan antara Hasil Belajar dengan Sikap Bersahabat atau Komunikatif Siswa di SMP Negeri 18 Kota Jambi

Penulis

  • Ayu Meilinda Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v9i1.25225

Kata Kunci:

bersahabat, hasil belajar, karakter, korelasi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara hasil belajardengan sikap bersahabat/komunikatif siswa di SMP Negeri 18 Kota Jambi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian ex- post facto yang bersifat korelasional dengan subjek adalah siswa kelas VII D dan VII H SMP Negeri 18 Kota Jambi. Untuk mengetahui bagaimana hubungan antar variabel di lakukan uji korelasi sehingga di peroleh nilai signifikan data 0,017 < 0,05. Suatu data dikatakan memiliki hubungan jika setelah dilakukan uji korelasi memiliki nilai signifikan < 0.05. Oleh karena itu, berdasarkan hal tersebut berarti bahwa terdapat hubungan antara hasil belajar dengan sikap bersahabat.

Referensi

Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85-98.

Chandra, P. (2019). Internalisasi nilai-nilai karakter dalam tradisi pondok pesantren. Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, 12(2), 25-32.

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223-234.

Daud, F. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243-255.

Dewi, T. U., & Handayani, S. L. (2019). Penanaman nilai karakter melalui permainan outdoor bagi anak-anak usia dini di Wilayah RW 01 Kelurahan Pekayon Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur. Publikasi Pendidikan, 9(1), 1-6.

Fauzi, F. Y., Arianto, I., & Solihatin, E. (2013). Peran guru pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dalam upaya pembentukan karakter peserta didik. Jurnal PPKn UNJ Online, 1(2), 1-15.

Hariandi, A. (2017). Meningkatkan nilai karakter bersahabat melalui model teams games tournaments di SDIT Al-Azhar Kota Jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 19-35.

Khamalah, N. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah. Jurnal kependidikan, 5(2), 200-215.

Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh cara dan motivasi belajar terhadap hasil belajar programmable logic controller (PLC) siswa kelas III jurusan listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek, 1(2), 1-6.

Nurhidayati, T. (2018). Meretas pola hubungan orang tua dan anak dalam membentuk dan mengembangkan karakter anak. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 9(2), 49-60.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Sappaile, B. I. (2010). Konsep penelitian ex-post facto. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-16.

Subekti, H., Taufiq, M., Susilo, H., Ibrohim, I., & Suwono, H. (2018). Mengembangkan literasi informasi melalui belajar berbasis kehidupan terintegrasi stem untuk menyiapkan calon guru sains dalam menghadapi era revolusi industri 4.0: revieu literatur. Education and Human Development Journal, 3(1), 90-98.

Supranoto, H. (2015). Implementasi pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran SMA. Jurnal Promosi, 3(1), 36-49.

Supriyadi, E. (2011). Pendidikan dan penilaian karakter di sekolah menengah kejuruan. 1(2), 19-26.

Diterbitkan

2021-07-28

Cara Mengutip

Meilinda, A. (2021). Hubungan antara Hasil Belajar dengan Sikap Bersahabat atau Komunikatif Siswa di SMP Negeri 18 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(1), 27–31. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i1.25225

Terbitan

Bagian

Articles