Analisis Kognitif Konsepsi Medan Listrik dan Magnetik Melalui Respon Jawaban Spontan Mahasiswa Calon Guru
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v14i1.169Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan elemen kognitif konsepsi medan yang tersimpan di dalam long term memory (LTM) sebagai dasar pemecahan masalah melalui respon jawaban spontan mahasiswa calon guru fisika. Data diperoleh dengan menggunakan metode thinks-aloud. Responden terdiri atas 8 mahasiswa semester 2 yang telah menempuh fisika dasar dan 9 mahasiswa semester 6 yang telah menempuh matakuliah pengayaan lisrik magnet. Responden diberi pertanyaan real worlds yang menyangkut konsep dasar medan dan memerlukan jawaban secara spontan. Hasil studi menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan tentang pola konsepsi medan yang segera dapat diaktivasi untuk pemecahan masalah, antara mahasiswa semester 2 dan semester 6. Hal ini juga menunjukkan bahwa pemahaman konsep medan pada mahasiswa selama perkuliahan pengayaan listrik magnet tidak mampu membentuk resource aktif di dalam memori jangka panjang. Pola berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah medan cenderung menggunakan penalaran dan pendekatan intuitif. Penalaran lebih banyak digunakan oleh mahasiswa semester 6 dibandingkan dengan semester 2.
Kata kunci: analisis kognitif, konsepsi medan, respon jawaban spontan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.