Peningkatan Life Skill Dengan Pendekatan Learnscape Dalam Pembelajaran Biologi

Authors

  • Muzayyinah Muzayyinah Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS
  • Kristi Handayani Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v14i2.12437

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk untuk meningkatkan  kepedulian terhadap lingkungan dan life skill siswa SMA I Karanganom Klaten. Subjek penelitian adalah siswa SMA I Karanganom Klaten kelas XC semester genap, 2007/2008. Jenis penelitian adalah PTK, dengan dua siklus. Tindakan yang diterapkan adalan berupa pendekatan learnscape. Data mengenai kepedulian terhadap lingkungan dan life skill  dikumpulkan menggunakan lembar performaance assessment berupa lembar-lembar observasi kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepedulian siswa pada pra-siklus ke pasca-siklus I meningkat sebesar 2,2 (dari 4,92 menjadi 7,12). Pasca-siklus II terjadi peningkatan skor kepedulian ini sebesar 1,06 (dari 7,12 menjadi 8,18).  Penggunaan pendekatan learnscape dapat meningkatkan life skill siswa terkait penanganan pencemaran lingkungan khususnya pendaurulangan limbah. Pendekatan learnscape diketahui juga mampu 1) mengurangi kebosanan siswa belajar, 2) meningkatkan kemampuan siswa menjawab pertanyaan, 3) meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan tugas-tugas dan atau soal-soal yang diberikan guru, 4) membawa alam dan proses ekologinya ke dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: life skill, learnscape,daur ulang kertas

Downloads

Published

2010-06-23

How to Cite

Muzayyinah, M., & Handayani, K. (2010). Peningkatan Life Skill Dengan Pendekatan Learnscape Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 14(2), 103–110. https://doi.org/10.21831/jpms.v14i2.12437