Pengembangan Tes Pengetahuan Praktikum Biologi Berdasarkan GRM dan GPCM

Authors

  • Saiful Ridlo Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNNES

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v16i1.12212

Abstract

Penelitian dengan studi empirik ini bertujuan untuk menghasilkan model tes yang cocok dengan data. Pengembangan item pada penelitian menggunakan pendekatan teori respons butir politomus (TRBP). Subjek ujicoba diambil dari siswa lima SMP kelas VII akhir mewakili peringkat SMP di Kota Yogyakarta sebanyak 1030 siswa. Hasil Metode TRBP yang cocok dipilih berdasarkan hasil parametrisasi menggunakan PARSCALE dan deskripsi hubungan fungsional antara respons peserta tes dengan tingkat kemampuannya yang dinyatakan dalam test information curves (TIC). Penelitian ini menghasilkan 16 butir untuk bank soal dengan karakteristik masing-masing butir memiliki nilai daya beda yang tidak rendah (>0,25 skala logit) dan nilai kesulitan butir pada selang -3 sampai +3 skala logit. Berdasarkan informasi yang dihasilkan, kedua macam model penskoran Graded Response Model (GRM) dan Generalized Partial Credi Model (GPCM) cocok memodelkan penskoran TPPB.

Kata kunci: tes pengetahuan praktikum biologi, GRM, GPCM

Downloads

Published

2016-07-27

How to Cite

Ridlo, S. (2016). Pengembangan Tes Pengetahuan Praktikum Biologi Berdasarkan GRM dan GPCM. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 16(1), 41–49. https://doi.org/10.21831/jpms.v16i1.12212