Pembelajaran Interaktif Menggunakan Industri Kimia Lokal Sebagai Sumber Belajar Pada Kimia Analisis II
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v16i1.12211Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran interaktif menggunakan industri kimia lokal sebagai sumber belajar untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Kimia Analisis II. Subjek penelitian ini adalah 40 mahasiswa Prodi Kimia FMIPA UNY semester genap Tahun Akademik 2009/2010. Tindakan yang diberikan adalah interaksi mahasiswa dengan industri penyulingan minyak kayu putih di Sendangmole Gunungkidul, industri pengolah air limbah (IPAL) di Pendowoharjo Sewon Bantul, industri elektroplating di Kotagede, PDAM Sleman, dan PG Madukismo di Tirtonirmolo Kasihan Bantul. Mahasiswa mengadakan interaksi dengan industri melalui studi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran interaktif dengan menggunakan industri kimia lokal dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa.
Kata kunci: interaktif, implementasi, lesson study
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.