Pembelajaran Interaktif Menggunakan Industri Kimia Lokal Sebagai Sumber Belajar Pada Kimia Analisis II

Authors

  • Sunarto Sunarto Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY
  • Susila Kristianingrum Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY
  • Suyanta Suyanta Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v16i1.12211

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran interaktif menggunakan industri kimia lokal sebagai sumber belajar untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Kimia Analisis II. Subjek penelitian ini adalah 40 mahasiswa Prodi Kimia FMIPA UNY semester genap Tahun Akademik 2009/2010. Tindakan yang diberikan adalah interaksi mahasiswa dengan industri penyulingan minyak kayu putih di Sendangmole Gunungkidul, industri pengolah air limbah (IPAL) di Pendowoharjo Sewon Bantul, industri elektroplating di Kotagede, PDAM Sleman, dan PG Madukismo di Tirtonirmolo Kasihan Bantul. Mahasiswa mengadakan interaksi dengan industri melalui studi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran interaktif dengan menggunakan industri kimia lokal dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa.

Kata kunci: interaktif, implementasi, lesson study

Downloads

Published

2016-07-27

How to Cite

Sunarto, S., Kristianingrum, S., & Suyanta, S. (2016). Pembelajaran Interaktif Menggunakan Industri Kimia Lokal Sebagai Sumber Belajar Pada Kimia Analisis II. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 16(1), 31–39. https://doi.org/10.21831/jpms.v16i1.12211