Efektivitas Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Yogyakarta

Authors

  • Amanatie Amanatie Jurusan P. Kimia FMIPA UNY
  • Sumiati Sumiati SMA N 2 Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran dengan metode eksperimen bagi peserta didik kelas XI IA SMA Negeri 2 Yogyakarta. Prosedur penelitian tindakan kelas terdiri atas tiga siklus. Hasil penelitian ditinjau dari peserta didik menunjukkan bahwa kesesuaian perencanaan dengan tujuan pembelajaran termasuk kategori sangat baik, penyampaian materi termasuk kategori baik, penggunaan petunjuk eksperimen termasuk kategori baik, manfaat menggunakan eksperimen termasuk kategori sangat baik, efektivitas pembelajaran termasuk termasuk kategori baik, mutu pembelajaran kimia termasuk kategori baik, respon peserta didik terhadap eksperimen termasuk kategori baik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I termasuk kategori baik, pada siklus ke II termasuk kategori baik, dan pada siklus ke III termasuk kategori sangat baik. Ditinjau dari guru, efektifitas pembelajaran termasuk kategori baik. Penilaian aspek afektif peserta didik dari siklus I dengan siklus ke III termasuk baik.

Kata kunci: efektivitas pembelajaran, hasil belajar kimia, penilaian afektif

Downloads

Published

2016-07-27

How to Cite

Amanatie, A., & Sumiati, S. (2016). Efektivitas Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 15(2), 83–92. https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12185