Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika pada Topik Geometri Menggunakan Paradigma Baru dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Sugiyono Sugiyono Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
  • Murdanu Murdanu Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nila Mareta Murdiyani Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7162

Keywords:

pendekatan pembelajaran berbasis masalah, PBM, pendekatan investigasi, pendekatan problem solving, bangun ruang sisi lengkung

Abstract

Saat ini paradigma pembelajaran matematika telah berubah dari pembelajaran yang berpusat kepada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) menggunakan paradigma baru dalam pembelajaran matematika khususnya pada topik geometri serta untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan 4-D yang terdiri atas 4 tahap, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paradigma baru yang digunakan adalah pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), Investigasi, dan Problem Solving yang memiliki karakteristik berupa penggunaan masalah sebagai sumber belajar. Materi yang dipilih adalah Bangun Ruang Sisi Lengkung yang banyak mengeksplorasi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah divalidasi oleh ahli sampai dihasilkan RPP dan LKS yang layak digunakan dalam pembelajaran. RPP dan LKS yang telah valid tersebut sebaiknya diujicobakan di kelas agar dapat diketahui tingkat kepraktisan dan keefektivannya.

Kata kunci: pendekatan pembelajaran berbasis masalah, PBM, pendekatan investigasi, pendekatan problem solving, bangun ruang sisi lengkung

Downloads

Published

2014-12-14

How to Cite

Sugiyono, S., Murdanu, M., & Murdiyani, N. M. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika pada Topik Geometri Menggunakan Paradigma Baru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 117–125. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7162