Chemistry Structure Sheet sebagai Media Pembelajaran Kimia Berbasis Augmented Reality pada Materi Struktur Atom
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v8i2.42773Keywords:
augmented reality, chemistry structure sheet, pressman waterfall model, media pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui rancangan dan kelayakan media pembelajaran Chemistry Structure Sheet (CSS) berbasis Augmented Reality (AR) pada materi struktur atom untuk peserta didik SMA kelas X. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan pressman waterfall model. Prosedur pengembangan mencakup analisis, perencanaan, permodelan, dan konstruksi. Desain pengembangan produk yang diperoleh berdasarkan pada penilaian ahli materi dan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan CSS terdiri dari aplikasi Android yang dilengkapi dengan fitur penggunaan pada aplikasi berbasis AR, modul yang berisi materi pelajaran, dan kuis. Berdasarkan uji kelayakan media yakni validasi materi memperoleh hasil sebesar 92,5% dengan kategori layak dan untuk validasi ahli materi sebesar 80% dengan kategori layak untuk digunakan. Peserta didik merespon dengan sangat baik pada penggunaan media CSS dalam mendukung belajar mandiri. Media CSS layak digunakan pada proses belajar mengajar oleh pendidik dan peserta didik.
References
Akram, T., Ijaz, A., & Ikram, H, (2017). Exploring the factors responsible for declining students' interest in chemistry. International Journal of Information and Education Technology, 7(2), 88-94.
Andelkovic, T., Andelkovic, D., & Nikolic, Z. S. (2015). The impact of e-learning in chemistry education. The Sixth International Conference on E-Learning, 7(1)24–25.
Atsani, K. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 82-93.
Indrayani, P. (2017). Analisis pemahaman makroskopik, mikroskopik, dan simbolik titrasi asam-basa peserta didik kelas XI IPA SMA serta upaya perbaikannya dengan pendekatan mikroskopik. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2). 109-120.
Irwansyah, F. S., Yusuf, Y. M., Farida, I., & Ramdhani. M. A. (2017). Augmented reality (AR) technology on the android operating system in chemistry learning. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering, 6(1), 2-6.
Kasmadi & Indraspuri. (2010). Pengaruh penggunaan artikel kimia dari internet pada model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar kimia peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 1(1), 574-581.
Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191-201.
Permana, R., Andrianof, H., & Afira, R. (2018). Augmented reality (AR) sarana promosi obyek pariwisata Jam Gadang Bukittinggi dan Pantai Wisata Carocok Pesisir Selatan. Indonesian Journal of Computer Science, 7(2), 129-142.
Rusmansyah. (2002). Penerapan metode latihan berstruktur dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep persamaan reaksi kimia. Departemen Pendidikan Nasional dan Kebudayaan.
Sa'idah, A. N. (2017). Identifikasi kesulitan belajar kimia peserta didik SMA/MA menggunakan two-tier multiple choice diagnostic test dalam memahami konsep struktur atom. Disertasi, tidak dipublikasikan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Sirakaya, M., & Cakmak, E. K. (2018). Investigating student attitudes toward augmented reality. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 6(1), 30-39.
Tacgin, Z., Ulucay, N., & Ozuag, E. (2016). Designing and developing an augmented reality application: A sample of chemistry education. Journal of The Turkish Chemical Society, Chemical Education, 1(1), 147-164.
Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 2(1), 78-85.
Wijaya, M., & Kurniawan, A. (2018). Evolution, challenges, mobile application tools and framework: A literature review. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 4(1), 34-41.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.