Pengaruh Peta Konsep Terhadap Motivasi dan Penguasaan Konsep Kimia Siswa SMA

Authors

  • Antuni Wiyarsi Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY
  • Sutiman Sutiman Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v14i2.171

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas peta konsep terhadap motivasi belajar dan penguasaan konsep kimia siswa. Penelitian eksperimen dengan subjek penelitian adalah siswa-siswa SMA Negeri kelas XI IPA di Propinsi DIY di 3 lokasi sekolah, yaitu SMA N 1 Ngaglik, SMA N 2 Bantul,  dan SMA N 5 Yogyakarta. Objek penelitian meliputi pemahaman, motivasi belajar, dan kualitas peta konsep yang disusun siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penilaian melalui penyusunan peta konsep efektif ditinjau dari motivasi belajar kimia siswa kelas XI IPA di SMA N 2. Penerapan penilaian penugasan melalui penyusunan peta konsep efektif ditinjau dari pemahaman konsep kimia materi kesetimbangan kimia untuk siswa kelas XI IPA SMA N 5 Yogyakarta. Tidak berpengaruh secara signifikan kualitas peta konsep terhadap pemahaman kimia siswa SMA kelas XI IPA.

Kata kunci: motivasi belajar, penguasaan konsep, peta konsep

Downloads

Published

2012-05-03

How to Cite

Wiyarsi, A., & Sutiman, S. (2012). Pengaruh Peta Konsep Terhadap Motivasi dan Penguasaan Konsep Kimia Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 14(2), 81–88. https://doi.org/10.21831/jpms.v14i2.171