Keefektifan Pendekatan PBL dan Discovery Setting TPS Ditinjau dari Prestasi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kepercayaan Diri Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10937Keywords:
problem based learning, PBL, think pair share, TPS, discovery, prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, kepercayaan diri siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan dan perbedaan keefektifan antara pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan setting pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan discovery dengan setting Think Pair Share (TPS) ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa SMK Negeri 1 Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent groups pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 1 Cangkringan, Sleman, Yogyakarta yang terdiri atas enam kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TKR-1 dan X TKR-2. Untuk mengetahui keefektifan masing-masing pendekatan pembelajaran digunakan uji one sample t-test dan untuk mengetahui perbedaan keefektifan kedua pendekatan tersebut digunakan analisis multivariat menggunakan uji T2 Hotteling's. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PBL dengan setting TPS efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis, tetapi tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa; pendekatan discovery dengan setting TPS efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa, tetapi tidak efektif ditinjau dari kepercayaan diri siswa; dan tidak terdapat perbedaan keefektifan antara pendekatan PBL dengan setting TPS dan pendekatan discovery dengan setting TPS ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa.
Kata kunci: problem based learning, PBL, think pair share, TPS, discovery, prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, kepercayaan diri siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.