Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kapasitas Guru SMA di Kota Yogyakarta

Authors

  • Pujianto Pujianto Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bayu Setiaji Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta https://orcid.org/0000-0003-4683-4038
  • Khafidh Nur Aziz Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Al-Aina Mahfudhoh Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Khisna Alifah Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bella Ayuningsih Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Widya Wulandari Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpmmp.v9i1.81793

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdiferensiasi, Komunitas Belajar, P5, Disiplin Positif, Guru SMA

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan inovasi terkini dalam reformasi pendidikan Indonesia yang bertujuan meningkatkan relevansi dan mutu pendidikan. Namun, tantangan dalam penerapannya, seperti keterbatasan pemahaman guru, sumber daya, dan kondisi peserta didik, masih menjadi hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk memperkuat implementasi Kurikulum Merdeka melalui workshop bagi guru SMA di Kota Yogyakarta, yang melibatkan 62 guru dari berbagai sekolah dengan tingkat implementasi yang beragam. Workshop ini membahas pembelajaran berdiferensiasi, komunitas belajar, disiplin positif, dan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Hasil menunjukkan bahwa meskipun hampir seluruh peserta telah mencoba menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, sebagian besar masih membutuhkan pendampingan untuk meningkatkan pemahaman. Komunitas belajar dan P5 juga membutuhkan perhatian lebih agar pelaksanaannya optimal. Tantangan utama lainnya meliputi konsistensi guru dalam menerapkan disiplin positif dan rendahnya komitmen siswa dalam bertanggung jawab. Studi ini merekomendasikan pembinaan lanjutan untuk memastikan keberlanjutan dan efektivitas implementasi Kurikulum Merdeka.

References

Darmastuti, L., Meiliasari, M., & Rahayu, W. (2024). Kemampuan Literasi Numerasi: Materi, Kondisi Siswa, dan Pendekatan Pembelajarannya. JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 8(1), 17–26. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.03

Elpin, A., Simarona, N., Aunurrahman, A., & Halida, H. (2024). Peran Platform Merdeka Mengajar (PPM) dalam Meningkatkan Efektivitas Implementasi Kurikulum Merdeka. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 5(1), 81–96. https://doi.org/10.46963/asatiza.v5i1.1436

Enawati, E., Supardi, S., & Lubna, L. (2024). Dampak Evaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1710–1715. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2406

Ilham, D., S, Muh. R., Karunia, L., Saleh, S., & Brata, J. T. (2023). Peran Pemerintah dalam Mendorong Kualitas Pelayanan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pallangga Praja (JPP), 5(2), 155–162. https://doi.org/10.61076/jpp.v5i2.3736

Mulyono, M. (2020). Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru dan Kepala Sekolah. J-MPI, 5(2), 175–190. https://doi.org/10.18860/jmpi.v5i2.9635

Osamwonyi, E. F. (2016). Osamwonyi_2016_In-Service Education of Teachers Overview, Problems and the. Journal of Education and Practice, 7(26).

Rahmadani, F. B., & Kamaluddin, K. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 3, 113–122. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2929

Sa'diyah, I. S., Oktavia, R., Bisyara, R. S., & Badrudin. (2023). Sa'diyah_2023_Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang SMA.

Khazanah Multidisiplin, 4(2). https://doi.org/10.15575/kl.v4i2.28436

Sucipto, S., Sukri, M., Patras, Y. E., & Novita, L. (2024). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.84353

Suryani, N., Jumanah, & Handoko, P. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa. Seminar Nasional Ilmu Adminstrasi.

Wulandari, D., Sa'diyah, L. L., Ummah, N. S., Dewi, S., Hariyanto, E., & Deta, U. A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka pada SMA sebagai Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 72–78. https://doi.org/10.58706/jipp.v2n2.p72-78

Yustiana, D., Nursalim, M., & Masitoh, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. 12.

Downloads

Published

2025-03-03

How to Cite

Pujianto, P., Setiaji, B., Aziz, K. N., Mahfudhoh, A.-A., Alifah, K., Ayuningsih, B., & Wulandari, W. (2025). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kapasitas Guru SMA di Kota Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 9(1), 46–53. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v9i1.81793