Workshop Analisis Regresi Logistik untuk Penelitian di bidang Ilmu Sosial dan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i2.59733Keywords:
regresi logistik, data kategorik, riset sosial, riset pendidikan.Abstract
Penelitian-penelitian di bidang ilmu sosial dan pendidikan seringkali melibatkan variabel-variabel respon dengan tipe kategorik, yang memerlukan analisis menggunakan regresi logistik. Dibandingkan regresi linear, model regresi logistik lebih kompleks dalam hal pengolahan maupun interpretasinya. Oleh karena itulah, dilakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk workshop analisis regresi logistik untuk penelitian di bidang ilmu sosial dan pendidikan. Kegiatan ini diikuti oleh praktisi lulusan S1 dan mahasiswa berbagai program studi pascasarjana di Indonesia. Workshop dilaksanakan secara daring selama dua hari dengan metode pemberian materi dan demo program R secara langsung. Pelatihan ini diawali dengan visualisasi data kategorik lalu dilanjutkan materi regresi logistik biner dengan prediktor kontinu pada hari pertama. Pada hari kedua, materi yang disampaikan adalah regresi logistik biner dengan prediktor kategorik dan regresi logistik dengan prediktor kategorik dan kontinu. Data yang digunakan sebagai contoh adalah data dalam penelitian ilmu sosial dan pendidikan. Berdasarkan hasil angket, pengamatan dan tanya jawab dengan peserta pelatihan, tampak bahwa peserta bersemangat mengikuti kegiatan pelatihan ini. Peserta dapat menggunakan perintah-perintah analisis regresi logistik untuk data penelitian ilmu sosial dan pendidikan serta dapat memberikan interpretasi dari output program R secara tepat.
References
Agresti, A. (2002). Categorical Data Analysis, 2nd edition. New York: John Wiley & Sons.
Imaslihkah, S., Ratna, M., & Ratnasari, V. (2013). Analisis Regresi Logistik Ordinal terhadap Faktor-faktor yang Mempengaruhi Predikat Kelulusan Mahasiswa S1 di ITS
Surabaya. Jurnal Sains dan Seni ITS, 2(2), 177-182.
Lu, Y., Hu, X-M., Huang, X.L. et al. (2016). Job satisfaction and associated factors among healthcare staff : a cross-sectional study in Guangdong Provincen, China. BMJ Open, (6) : e011388.
Mood, C. (2010). Logistic regression: Why we cannot do what we think we can do, and what
we can do about it. European Sociological Review, 26(1), 67-82
Peng, C. Y. J., Lee, K. L., & Ingersoll, G. M. (2002a). An introduction to logistic regression analysis and reporting. The journal of Educational Research, 96(1), 3-14.
Peng, C. Y. J., So, T. S. H., Stage, F. K., & John, E. P. S. (2002b). The use and interpretation
of logistic regression in higher education journals: 1988–1999. Research in Higher
Education, 43(3), 259-293.
Rosadi, D. (2015). Analisis Statistika dengan R. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Setyaningrum, S. R., Triyanti, T., & Indrawani, Y. M. (2014). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini dengan perkembangan kognitif pada anak. Kesmas: National Public Health Journal, 243-249.
Subekti, P. (2014). Model regresi logistik multinomial untuk menentukan pilihan sekolah lanjutan tingkat atas pada siswa SMP. Cauchy, 3(2), 91-98.
Wang, J.H. (2015) Happiness and Social Exclusion of Indigeneous Peoples in Taiwan – A social sustainability perspective. PLoS ONE, 10(2), e0118305.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.