Pelatihan Penyusunan Soal Fisika berbasis Literasi Sains dalam Rangka mendukung Keberhasilan AKM Level 5 untuk Guru Fisika SMA Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpmmp.v7i2.55571Keywords:
Fisika, literasi sains, AKMAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk memberikan pelatihan penyusunan soal Fisika berbasis literasi sains pada guru Fisika yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran Fisika (MGMP) Kabupaten Malang. Pelatihan tersebut dilakukan untuk mendukung keberhasilan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) atau level 5. Pelatihan dilakukan secara secara blended learning selama 32 jam yang diikuti oleh 40 peserta. Peserta memberikan respon positif terhadap pelatihan yang dilakukan. Adanya pelatihan yang dilakukan membuat para guru memiliki beragam rencana untuk melakukan asesmen pembelajaran Fisika di sekolah. Antusiasme para peserta yang tinggi tercermin dalam feedback yang diberikan bahwa diperlukan adanya pelatihan lanjutan.
References
Anonim, 2015, Sekilas SDGs, dikutip dari https://sdgs.bappenas.go.id/sekilas-sdgs/, diakses pada 2 Maret 2022.
Anonim, 2021, Pendidikan adalah Rekayasa Sosial Membangun Keadaban, dikutip dari https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/pendidikan-adalah-rekayasa-sosial-memba ngun-keadaban, diakses pada 2 Maret 2022.
Astuti S. P., 2015, Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika, Jurnal Formatif 5 (1) p. 68-75.
Ausubel D. P., 1960, The Use of Advance Organizers in The Learning and Retention of Meaningful Verbal Material, Journal of Educational Psychology Vol. 51 No. 5 267-272.
Cowie B., Bell B., 2002, Formative Assessment and Science Education, Kluwer Academic Publishers.
Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, 2021, Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 030/H/PG.00/2021 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2021, Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
Kusairi S., 2020, Asesmen Formatif, Malang: e-book.
Nutwulandari N., 2018, Pembelajaran Fisika berbasis Literasi Sains terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Pokok Bahasan Energi, Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual Vol. 2 No. 2.
Mukharomah F., Wiyanto, Putra N. M. D., 2021, Analisis Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa SMA pada Materi Kinematika Gerak Lurus di Masa Pandemi Covid-19, JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics 6, 1 p. 11-21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.