Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi pada Siswa SMA IT Fitrah Insani
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i2.37504Keywords:
literasi, numerasi, matematika, pelatihanAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk: 1) memberikan pengetahuan bagi siswa terkait soal-soal berbasis literasi numerasi matematika, 2) melatih keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal berbasis literasi numerasi matematika. Metode yang digunakan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan siswa dalam menyelesaikan soal berbasis literasi numerasi matematika. Pelatihan dilakukan secara virtual dengan aplikasi google classroom dan zoom. Data diperoleh dari hasil pre-test dan post-test kemudian diuji perbedaan dua rata-ratanya dengan menggunakan SPSS. Diperoleh nilai rata-rata pre-test 44,79 sedangkan rata-rata post-test 73,74. Sedangkan nilai sig.2-tailed adalah 0,017<5%. Hasil pengabdian pada masyarakat ini menunjukkan bahwa: 1) pemberian pelatihan soal berbasis literasi numerasi ini memberikan pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa. 2) pelaksanaan pelatihan soal berbasis literasi numerasi matematika terlaksana dengan baik dan dapat dinyatakan berhasil.
Kata kunci: literasi, numerasi, matematika, pelatihan
References
Ekowati, D.W., Astuti, Y.P., Utami, I.W.P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B.I. Literasi Numerasi Di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal). Volume 3 Nomor 1 Februari 2019
Fathani, A.H. Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. EduSains Volume 4 Nomor 2; 2016.
Fiangga, S., Amin, S.M., Khabibah, S., Ekawati, R. & Prihartiwi, N.R. Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1) (2019)
Lamada, M., Rahman, E.S. & Herawati. Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri Di Kota Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.6 No.1 Februari 2019
Mansur, N. Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. PRISMA.1. 2018
Puspitasari, A., Setiawani, S. & Nurcholif. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambulu Berdasarkan Kemampuan Matematika. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 2015.
Putra, Y.Y., Zulkardi & Hartono, Y. Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4, 5, 6 menggunakan Konteks Lampung. Kreano. Jurnal matematika kreatif dan inovatif. Vol.7, no.1. 2016
Wardhani, S., & Rumiati. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Kemendikbud. 2011
RP3 (8): 1-11
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.