Peningkatan Kemampuan Matematika Peserta Didik SMP Melalui Pembentukan Klinik Matematika di SMPN 7 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i1.21663Keywords:
klinik matematika, media pembelajaran berbasis thatquiz, user manual.Abstract
Tujuan utama dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkkan kemampuan matematika siswa SMPN 7 Surabaya, khususnya dan siswa Indonesia pada umumnya melalui pembentukan klinik matematika. Jika klinik matematika di SMPN 7 Surabaya berhasil dilakukan, maka prototype klinik ini dapat dijadikan contoh untuk pembentukan klinik untuk pelajaran lainnya dan di sekolah lainnya.
Metode pendekatan pengmas adalah (1) workshop pembentukan dan penyusunan administerasi klinik matematika, (2) workshop media pembelajaran, (3) workshop pendampingan pembuatan observasi kemampuan siswa, (4) workshop penyusunan butir soal dan analisis butir soal. Target dari kegiatan Pengmas adalah terbentuknya Klinik Matematika di SMPN 7 Surabaya dengan semua kelengkapannya. Di samping itu diharapkan klinik ini dapat digunakan oleh guru dan kepala sebagai sarana untuk melakukan penelitian, baik penelitian tindakan kelas (PTK) atau penelitian tindakan sekolah (PTS).
Hasil pengmas adalah adalah (1) terbentuknya klnik matematika dengan rincian tupoksi dan SOP klinik, (2) media pembelajaran berbasis thatquiz, (3) User manual media pembelajaran untuk kelas 7 berbasis thatquiz, (4) soal observasi kemampuan berhitung siswa berbasis thatquiz, (5) nilai kemampuan berhitung siswa, (6) hasil analisis butir soal Penilaian Tengah Semester.
Kata kunci: klinik matematika, media pembelajaran berbasis thatquiz, user manual.References
Sus, Waduh! Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Memprihatinkan, Okezone 18 Oktober 2017, 12:34 WIB, https://news. okezone.com/read/2017/10/18/65/1797678/waduh-kemampuan-matematika-siswa-indonesia-memprihatinkan, akses 25 Januari 2018, 05:40 WIB
, -, Tujuan dan Standar Kelulusan UKG ( Ujian Kompetensi Guru ) Tahun 2017, Bhataramedia 17 Jul 2017, http://www.bhataramedia.com/12601/tujuan-dan-standar-kelulusan-ukg-ujian-kompetensi-guru-tahun-2017/2017/07/17/, akses 25 Januari 2018, 06:40 WIB.
Ito dan Kun, Dispendik Surabaya Kembangkan 'Surabaya Belajar' Berbasis E-Learning, Beritajatim 5 Oktober 2016, http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/278820/dispendik_surabaya_kembangkan_'surabaya_belajar'_berbasis_e-learning.html, akses 25 Januari 2018, 07:40 WIB.
PDCA: SIKLUS KENDALI MUTU PENDIDIKAN, Purisdikti 6 Desember 2017,http://www.purisdiki.id/2017/12/pdca-siklus-kendali-mutu-pendidikan.html akses 25 Januari 2018, 07:40 WIB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.