Pelatihan Penyusunan Instrumen Penilaian Ranah Psikomotor (Keterampilan) Bagi Guru-Guru Fisika SMA/MA di Yogyakarta

Authors

  • Edi Istiyono Jurusan Pendidikan Fisika, FMIPA, UNY
  • suyoso suyoso Jurusan Pendidikan Fisika, FMIPA, UNY
  • Nur Kadarisman Jurusan Pendidikan Fisika, FMIPA, UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i2.15564

Keywords:

pelatihan, instrumen penilaian keterampilan, fisika

Abstract

Pengabdian pada Masyarakat (PPM) ini bertujuan: (a) Setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta diharapkan menjadi lebih terampil dalam menyusun instrumen penilaian keterampilan dengan pengamatan dan tes, dan (b) Setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta diharapkan lebih terampil dalam menyususn pedoman penskoran/rubrik penilaian keterampilan. PPM ini berupa pelatihan yang dilakukan dalam bentuk klasikal. Metode yang diterapkan adalah ceramah, diskusi-informasi, dan workshop. Langkah-langkah Kegiatan: (a) Orientasi kondisi kelompok sasaran,  (b) Orientasi untuk menentukan kebutuhan, (c) Penentuan jadwal dan tempat pelaksanaan, (d) Pelaksanaan kegiatan, (e) Observasi/Refleksi, (f) Evaluasi, dan  (g) Penyusunan. Khalayak Sasaran kegiatan pelatihan ini adalah semua guru-guru Fisika di Yogyakarta. Berdasarkan pengamatan pelaksanaan PPM dapat disimpulkan: (a) Peserta pelatihan guru-guru Fisika SMA di DIY meningkat keterampilan dalam memilih dan menyusun instrumen penilaian keterampilan dengan pengamatan dan tes, dan (b) Peserta pelatihan guru-guru Fisika SMA di DIY meningkat keterampilan dalam menyusun pedoman penskoran.

References

Anna Poedjiadi. (2005). Pendidikan Sains dan Pembangunan Moral Bangsa. Bandung: yayasan Cendrawasih

BSNP. (2013). Kompetensi Inti dan kompetensi dasar mata pelajaran Fisika untuk SMA dan MA. Jakarta: BSNP-Depdiknas.

Edi Istiyono, Mardapi, D, & Suparno (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PysTHOTS) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Tahun 18, Nomor 1, 2014, Halaman 1-12. ISSN 1410-4725 (Cetak) dan ISSN 2338-061 (Online).

Hewitt, P.G. (2007).Conceptual Integrated Science. Pearson Education: USA

Lorber, MZ. & Pierce, W.D. (1990). Objectives, Methods and Evaluation for Secondary Teaching (Third Edition). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Downloads

Published

2017-09-11

How to Cite

Istiyono, E., suyoso, suyoso, & Kadarisman, N. (2017). Pelatihan Penyusunan Instrumen Penilaian Ranah Psikomotor (Keterampilan) Bagi Guru-Guru Fisika SMA/MA di Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 1(2), 81–84. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i2.15564

Issue

Section

Articel