PENGEMBANGAN KEMAMPUAN GURU IPA SD UPTD PIYUNGAN MENINGKATKAN KREATIVITAS BESERTA CARA PENGUKURANNYA

Authors

  • Bambang Subali Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas negeri Yogyakarta
  • Yuni Wibowo Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas negeri Yogyakarta
  • Atik Kurniawati Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i1.12970

Abstract

Kegiatan PPM ini bertujuan melatih guru IPA SD UPTD Piyungan mampu mengembangkan RPP, kisi-kisi dan item untuk meningkatkan kreativitas peseerta didik.

Kegiatan PPM ini dilaksanakan dengan ceramah, tanya jawab, dan praktik. Kegiatan praktik meliputi (a)  penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penggunaan LKPD serta item pengukurnya. Pertemuan kegiatan pendampingan dengan menyajikan hasil pembelajaran dan hasil pengukurannya. Kegiatan diikuti 22 guru kelas IV atas kesepakatan pengabdi dan pengawas.

Hasil yang dicapai pada pertemuan pertama hanya sebagian kecil guru berhasil disusun RPP, LKS,  dan kisi-kisi serta item namun setelah diberi bimbingan, para peserta sudah tahu kesalahannya dan bersedia memperbaiki. Pada pertemuan kedua, ada 2 guru yang tidak hadir. Guru melaporkan hasil pengukuran kreativitas dan cara penskorannya. Untuk penulisan soal dan cara penskoran, masih ada 1 dari 20 guru yang belum melaksanakan dengan benar.

 

Kata Kunci: kreativitas, keterampilan proses sains, aspek kehidupan, konstruksi item

Downloads

Published

2017-02-20

How to Cite

Subali, B., Wibowo, Y., & Kurniawati, A. (2017). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN GURU IPA SD UPTD PIYUNGAN MENINGKATKAN KREATIVITAS BESERTA CARA PENGUKURANNYA. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i1.12970

Issue

Section

Articles