Evaluasi strategi untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan Islam di sekolah menengah atas

Authors

  • Nur Kholid Syaefullah UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Suprapto Suprapto UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Giyoto Giyoto UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v16i2.67559

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis evaluasi strategi (mengidentifikasi faktor eksternal dan internal, mengukur kinerja, melakukan korektif) dalam meningkatkan kualitas layanan Pendidikan Islam. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus untuk mengeksplorasi dan memahami makna informasi dari proses pengambilan langkah perbaikan evaluasi strategi untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Majlis Tafsir Al Qur an (SMA MTA) Surakarta  sebagai Islamic Boarding School. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Informasi yang diperoleh yaitu seputar proses pengambilan langkah mengidentifikasi faktor eksternal dan faktor internal dengan analisis SWOT, mengukur kinerja, dan melakukan koreksi untuk  perbaikan mutu layanan.  Informasi yang diperoleh dianalisa dengan langkah-langkah berikut, yaitu (a) mengolah dan mempersiapkan informasi untuk dianalisis; (b) membaca keseluruhan data; (c) mendeskripsikan setting (ranah), orang (partisipan), dan kategori yang dianalisis; (d) deskripsi disajikan dalam narasi/laporan kualitatif; dan (e) membuat interpretasi. Dari hasil penelitian ini diperoleh ; 1) faktor-faktor eksternal  dan internal yang mempengaruhi peningkatan kualitas layanan pendidikan Islam diperoleh melalui; a)  analisis  kekuatan dan kelemahan (internal), seperti; sumber daya manusia, dimilikinya sarana prasarana, daya dukung yayasan,  b) peluang/kesempatan dan ancaman (eksternal), seperti; berdirinya lembaga pendidikan baru, adanya dana BOS, jumlah kemitraan yang banyak, dst, 2) pengukuran kinerja,   capaian kinerja di ukur dengan  membandingan capaian dengan standar atau program yang telah ditetapkan, 3) melakukan koreksi untuk perbaikan, dilakukan dengan menggunakan kriteria ; konsisten, kelayakan,  kesesuaian dan kemanfaatan. Dari hasil temuan tersebut, SMA MTA IBS sebagai Lembaga Pendidikan Islam hendaknya menerapkan manajemen strategik yang sistematis, konsisten, terprogram, komprehensif dan berkelanjutan.

References

Achmad, A. D. (2017). Pendidikan karakter di MTS-MA boarding school yayasan Assunnah Cirebon (Analisis kelekatan, penyesuaian diri dan kebahagiaan diri). (Disertasi tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21637

Anonim, (2023). Laporan Akademik SMA MTA tahun Pelajaran 2022/2023, Surakarta, 16 Mei 2023

Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Metode kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran- Edisi keempat. Pustaka Pelajar.

David, Fred R. (2011), Strategic Management, Concept dan Kasus, Prentice Hall, One Lake Street

David, Forest R. & Fred R. David. (2015). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases. Fifteenth Edition. Pearson Education.Rochvika Ariesta Permatasari. (2022). Pengambilan Langkah Perbaikan sebagai Bagian dari Evaluasi Strategi Pelayanan Penanaman Modal dalam Peningkatan Kualitas PTSP. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), JIAP Vol 8, No 1, pp 74-81, 2022© 2022 FIA UB. All right reserved URL : h t t p s : / / j i a p . u b . a c . i d / i n d e x . p h p / j i a p

Rumelt, R. (1980). Corporate Strategy. Journal of Business Strategy, 1(2), 63-65.

Sookdeo, B. (2019). Measuring Organisational Performance Using Work Measurement: Towards Improving Productivity. International Journal of Productivity and Quality Management, 28(4), 497- 510

Taufiqurokhman, T. (2016). Manajemen Strategik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Published

2024-05-13

How to Cite

Syaefullah, N. K., Suprapto, S., & Giyoto, G. (2024). Evaluasi strategi untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan Islam di sekolah menengah atas. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 16(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v16i2.67559

Issue

Section

Articles