WEBSITE SEBAGAI MEDIA HUMAS SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i2.4800Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan latar belakang, pemanfaatan, dan manajemendalam penyelenggaran website sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian studimultikasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakanwawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan modelanalisis interaktif. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut. Pertama, latar belakangpenyelenggaraan website sekolah adalah kondisi persaingan antar sekolah, kesadaranperlunya menjalin komunikasi dengan pihak eksternal, keberadaan fasilitas dan SDMpendukung, dan pelaksanaan model belajar interaktif, mandiri dan jarak jauh berupae-learning. Kedua, pemanfaatan website sebagai media humas dengan mengemas isi pesandan tampilan dengan memperhatikan karakteristik sekolah untuk membangun imagepositif. Ketiga, manajemen tenaga pengelola website dalam rangka mendukung fungsikegiatan husemas masih diwarnai oleh hambatan SDM dan pendanaan bagi kompensasi,ketiadaan deskripsi tugas yang jelas, dan evaluasi yang belum menyeluruh.Kata kunci: website, humas, manajemen sekolah, dan e-learningDownloads
How to Cite
Utari, R. (2015). WEBSITE SEBAGAI MEDIA HUMAS SEKOLAH. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i2.4800
Issue
Section
Articles