ORIENTASI DUNIA KERJA DALAM PROSES DAN STATUS AKREDITASI SMK

Authors

November 26, 2015

Downloads

Abstrak

Problematika kesenjangan antara dunia pendidikan dan kebutuhan duania kerja  mempunyai dimensi yang sangat majemuk. Pertimbangan untuk mengambil kebijakan tentang prioritas pengembangan berbagai jenis dan jenjang pendidikan, system pemantauan dan evaluasi kinerja sekolah, dan indicator baku mutu yang responsive terhadap kebutuhan dunia usaha dan industry merupakan factor-faktor yang diyakini dapat menjembatani kesenjangan tersebut. Tulisan ini mengemukakan kelemahan system akreditasi sederhana berdasarkan nilai siswa yang banyak dipakai untuk menilai keberhasilan sekolah selama ini dan mengulas lebih rinci pedoman akreditasi yang sudah ada. Dengan sedikit tambahan aspek penilaian sekolah,sitem akreditasi  ini kalau dilaksanakan dengan cermat dan objektif akan menyumbang secara signifikan usaha untuk menyesuaikan dan mengaitkan keluaran dunia pendidikan dengan kebutuhan dunia usaha dan industry.