ANALISIS BUTIR DENGAN TEORI TES KLASIK DAN TEORI RESPONS BUTIR
Downloads
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tingkat konsistensi hasil analisis butir tes, estimasi kehandalan tes, dan estimasi kemampuan antara teori klasik dan teori respons butir.
Populasi penelitian ini adalah sekkor tes kuasa (power test) sedanngcuplikannya adalah sekor hasil tes potensi belajar mahasiswa baru FPTK IKIP Yogyakarta angkatan 1992. Tes potensi belajar ini dirancang untuk seleksi masuk ke perguruan tinggi yang dikemabangkan oleh Pusat Pengembangan Sistem Pengujian Balitbang Depdikbud. Teknik analisis data yang digunakan adalah paket program MicroCat.
Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) jumplah butir yang ditolak menutur teori tes klasik lebih banyak disbanding menurut teori respon butir 2) indeks konsistensi hasil analisi butir adalah rendah 3) terdapat hubungan yang tinggi antara hasil estimasi kemampuan pada kedua teori tersebut yaitu, 0,99 dan 0,98 untuk perangkat 1 dan perangkat 2, 4)indeks kehandalan tes menurut teori tes klasik dan teori respons butir sama-sama tinggi, dilihat dari besarnya kesalahan baku pengukuran. Selanjutnya disarankan agar para pengembang test untuk tinngkat regional mencoba menggunakan teori trespons butir dalam mengembangkan tes, dan perlu penelitian yang sejenis dengan data yang berbeda dan dengan paket program yang baru.
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to JK. However, even though the journal asks for a copyright transfer, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
The copyright form should be signed originally and sent to the Editorial Office through email to jk@uny.ac.id
Download HERE
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.