PENERAPAN PENILAIAN OTENTIK DALAM MATA PELAJARAN FISIKA DI SMP NEGERI I NGEMPLAK SLEMAN DENGAN STRATEGI FIKIR

Authors

August 21, 2015

Downloads

Ada tiga permasalahan yang dipecahkan melalui penelitian ini, yaitu: Bagaimana pengembangan penilaian otentik di SMP Negeri I Ngemplak sehingga guru mendapatkan pengalaman pengelolaan pembelajaran fisika melalui penilaian otentik? Bagaimana langkah pengembangan penilaian otentik yang dapat mendorong guru agar mampu menerapkan penilaian otentik dalam pembelajaran fisika? Bagaimana memberikan alternatif bentuk  penilaian yang dapat memberikan keyakinan kepada guru bahwa pembelajaran dan penilaian otentik bersifat kontekstual? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan dua orang guru fisika di SMP Negeri I Ngemplak. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IXc berjumlah 40 orang. Walaupun sekolah sudah memiliki sejumlah perangkat komputer untuk pembelajaran, namun subjek penelitian tidak mendapat mata pelajaran Teknologi Informasi. Sebagian besar siswa-siswa ini tidak memiliki dan belum terbiasa dengan perangkat komputer, sehingga pada umumnya mereka belum dapat mengoperasikan komputer dengan baik. Dalam penelitian tindakan kelas ini telah dilakukan sebanyak 3 siklus yang ternyata mampu memberikan suasana pembelajaran fisika di SMP Negeri I Ngemplak Sleman secara interaktif dan kondusif. Ada dua strategi pembelajaran fisika di dalam penelitian ini, yakni menggunakan media interaktif berupa program software komputer dan kegiatan praktikum. Kedua strategi tersebut menekankan kemandirian siswa dalam berinteraksi dengan sumber dan bahan ajar serta kerjasama di dalam kelompok. Strategi FIKIR melalui media komputer dan media praktikum sangat efektif untuk meningkatkan minat dan partisipasi belajar serta hasil belajar fisika siswa-siswa kelas IXc SMP Negeri I Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.

 

Kata-kata kunci: penilaian otentik, strategi FIKIR


Most read articles by the same author(s)