INOVASI DESAIN PRODUK BATIK MELALUI PENDIDIKAN

Authors

  • Siti Irene Astuti D

DOI:

https://doi.org/10.21831/jk.v28i2.18998

Keywords:

Kata kunci, inovasi desain produk, batik, perempuan, inovasi desain produk batik melalui pendidikan.

Abstract

Kehancuran industri batik di tengah-tengah proses industrialisasi merupakanfenomena yang terus berlangsung. Industri batik pada  saat ini dihadapkan pada dua persoalan baru., pertama industri batik berhadapan dengan para pemilik modal kuat yang bergerak di bidang indistri tekstil dan juga memproduksi  batik printing. Di sisi lain, para pengusaha  dihadapkan pada fenomena perubahan gaya hidup masyarakat di segala lapisan dan menggunakan batik sebagai salah satu alternatif bahan sandang. Masalah capitar intensive dan limited market yang dihadapi oleh para pengusaha  batik batik mendorong mereka untuk menentukan berbagai  cara agar proses produksi terus dapat berlangsung. Tujuan penelitian kuantitatif ini adalah mengetahui daya kreatif, pengusaha  di dalam membuat desain produk sebagai upaya untuk mempertahankan  usahanya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada kecenderungan  inovasi produk akan dirakukan oleh pengusaha yang tergolong pada usia muda. Inovasi desain produk dari motif tradisional ke motif nontradisionai cenderung dilakukan oleh pengusaha  dengan tingkat pendidikan  eksistensi SMU ke atas. Di samping itu, ada kecenderungan bahwa pengusaha  cenderung  membuat desain produk motif nontradisional batik laki-laki dibandingkan dengan pengusaha batik perempuan.

Downloads

How to Cite

Astuti D, S. I. (2015). INOVASI DESAIN PRODUK BATIK MELALUI PENDIDIKAN. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 28(2), 247–264. https://doi.org/10.21831/jk.v28i2.18998

Issue

Section

Artikel