PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 2 KLATEN DAN MTS. WAHID HASYIM YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9663Keywords:
Pendidikan karakter, Mts Wahid Hasyim, PesantrenAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) persepsi kepala sekolah, ustadz, guru, dan pengasuh tentang pendidikan karakter; 2) implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 2 Klaten dan MTs. Wahid Hasyim; 3) kebijakan sekolah dalam implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 2 Klaten dan MTs. Wahid Hasyim; 4) peran serta warga sekolah dalam implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 2 Klaten dan MTs. Wahid Hasyim. Metode penelitian yang dipergunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis intraktif model Miles dan Huberman yang meliputi kegiatan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepala sekolah, guru, ustadz mempunyai persepsi yang memadai tentang pendidikan karakter. 2) implementasi pendidikan karakter di MTs. Wahid Hasyim mengacu pada nilai-nilai religious dengan mengintegrasikan inkulkasi nilai dalam seluruh aktivitas santri baik di dalam pembelajaran, ekstra kurikuler, kegiatan belajar, mengaji, makan, istirahat, dan lainlain; 3) program pendidikan karakter telah dirancang oleh wakil kepala bidang kurikulum dan pengajaran, sedangkan di MTs. Wahid Hasyim dirancang oleh kepala madrasah.; 4) peran serta warga sekolah baik guru/ustadz, pembimbing, karyawan, dan masyarakat sekitar mempunyai peran yang signifikan.References
Ali Muhtadi. (2006). Penanaman nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan sikap dan perilaku siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 1, 50-61.
Anwar Sutoyo. (2009). Pemahaman individu: Observasi, checklist, kuesioner & sosiometri. Semarang: CV Widya Karya.
Barry, V. (1985). Applying ethics: A text with readings. California: Wadworth Publishing Company.
Darmiyati Zuchdi. (2008). Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Doni Koesoema A. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Mulyasa, E. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara 21.
Fatchul Mu'in, (2011). Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik & Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Kaswardi, EM. K., ed. (1993). Pendidikan Nilai Memasuki Tahun 2000. Jakarta: Grasindo.
Kirschenbaum, H. (1995). 100 Ways to Enhance Values and Morality in Schools and Youth Settings. Boston: Allyn and Bacon.
Krathwohl, David R., Bloom, Benjamin S., & Masia Bertram B. (1964). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals Handbook II: Affective Domain. London: Longman Group Ltd.
Kurotul Aeni & Sudaryanto. (2005). Proses Pendidikan Budi Pekerti di Taman Muda Majelis Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta, Jurnal Penelitian dan Evaluasi, 7, 23-39. Kusnaedi. (2013). Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter. Bekasi: Duta Media Tama.
Lickona, T. (1991). Education for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Miles, Matthew B., & Huberman, A. Michael. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. London: Sage Publication.
Moleong J. Lexy. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Santo J.D. & Cremers, A. (eds). (1995). Tahap Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg. Yogyakarta: Kanisius.
Sudrajat. 2014. Pendidikan multikultur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di sekolah dasar, JIPSINDO, 1(1), 1-19. DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.