MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v2i2.7780Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Discovery pada siswa Kelas VIII F SMP N 2 Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIF SMP Negeri 2 Ngemplak yang berjumlah 31 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian sebagai berikut bahwa model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIIIF SMP N 2 Ngemplak Sleman. Hal ini dibuktikan dari analisis hasil belajar siswa yang dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan. Pada prasiklus hasil rata-rata persentase ketuntasan belajar sebesar 35%. Siklus I persentase ketuntasan belajar pada pre-tes 26% menjadi 68% pada post-tes dengan kategori kurang, jadi mengalami peningkatan 42%. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar dari 32% pada pretes menjadi 90% pada postes dengan kategori baik sekali, jadi mengalami peningkatan sebesar 58%. Hasil tersebut sudah sesuai dengan kriteria ketuntasan yang diharapkan bahkan melebihi target sebesar 75%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar.
References
Usman & Purnomo S.A. (2006). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumu Aksara.
Nana Syaodih, S. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosda karya.
Nana Sudjana. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Oemar Hamalik. (2009).Pendekatan Baru, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Alfabeta.
Sudrajat Sudrajat. 2014. PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR, JIPSINDO, 1(1), 1-19. DOI:https://10.21831/jipsindo.v1i1.2874
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.