SD TAMANMUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v2i1.2885Keywords:
Taman Muda, Kelas rendah, YogyakartaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) model pengiriman dalam culvivation nilai karakter di kelas rendah di sekolah dasar Tamanmuda Ibu Pawiyatan Tamansiswa, (2) metode pengiriman dalam budidaya nilai karakter di kelas rendah di sekolah dasar Tamanmuda Ibu Pawiyatan Tamansiswa, (3) nilai-nilai yang dikembangkan dalam perilaku tanam pada pengajaran kelas rendah valuesdeveloped dalam perilaku tanam pada pengajaran kelas rendah di sekolah dasar penelitian Tamanmuda Ibu Pawiyatan Tamansiswa.This adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua guru yang mengajar saya kelas, dan II, serta sebagai salah satu guru yang adminster muatan lokal di sekolah dasar Tamanmuda Ibu Pawiyatan Tamansiswa. Penentuan subjek penelitian lokal dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partiscipant, wawancara mendalam, teknik documentation.The analisis data melalui reduksi data, display data dan verifikasi. Pengujian keabsahan atau kredibilitas dilakukan triangulasi serta diskusi dengan hasil colleagues.The menemukan bahwa model penyampaian nilai karakter di kelas rendah di sekolah dasar Tamanmuda Ibu Pawiyatan Tamansiswa terintegrasi mata pelajaran. Metode penyampaian dalam budidaya nilai moral dalam pembiasaan, demokratis. Nilai-nilai moral dapat dikembangkan melalui pembelajaran ilmu-ilmu sosial, kewarganegaraan, matematika, Mulok (art / dolanan Anak lagu, dan belajar bahasa Jawa).References
Dewantara, K., H. (1962). Karya Ki Hajar Dewantara. Bagian Pertama: Pendidikan. Yogjakarta: Penerbitan Taman Siswa.
Fudyartanta, K. (1995). Acuan Wawasan Pendidikan Budi Pekerti. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa
Jarolimek, J. (1990). Social Studies in Elementary Education. New York: Macmillan Publishing Company.
Lickona, T. (1991). Educating fot Character. How Our Schools can Teach Respect and Responsibility. New York: Batam Books.
Maryaeni. (2010). Kajian Tembang Dolanan dan Implikasinya dalam Pendidikan Budi Pekerti Anak Bangsa pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Malang. Universitas Negeri Malang
Prabowo, A. (2010). Memahat Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Makalah disampaikan dalam The 4thInternational Conference on Teacher Education. Teacher Education in Developing Nation Character and Cultures.Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia
Sardiman A.,M. (2010). "Pembelajaran IPS dan Pendidikan Karakter". Kedaulatan Rakyat. Diambil tanggal 20 Februari 2010.
Sudrajat (2007). Kartini: Perjuangan dan Pemikirannya, Mozaik, 2(1), 1-13. DOI: https://doi.org/10.21831/moz.v2i1.4489
Sugiharti, E. (1999). Budi Pekerti dan Pribadi Memesona. Jakarta: Balai Pustaka.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R&D). Bandung. Alfabeta.
Sumarsih, K. (2011). "BahasaJawa untuk Pendidikan Karakter". Kedaulatan Rakyat, diambil tanggal 25 Agustus 2011.
Suparno, P. Dkk. (2002). Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah Suatu Tinjauan Umum. Yogyakarta: Kanisius.
Supriadi, D. (2004). Membangun Bangsa Melalui Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Tilman, D. (2004). Living Values Activities For Children Ages 8. Jakarta: Grassindo.
Williams, Russell.T. & Ratna Megawangi. 2010. Dampak Pendidikan Karakter terhadap Anak. Diambil pada tanggal 20 Mei 2010 dariwww.pondokibu.com/parenting/pendidikan-anak/dampak-pendidikan-karakter-terhadap-anak.
Zuria, N. (2008). Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan (Mengaggas Platform Pendidikan Budi Pekerti secara Kontekstual dan Futuristik). Jakarta. Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.