PENGARUH PEMBELAJARAN IPS BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATIONS TECHNOLOGY) DENGAN APLIKASI LECTORA INSPIRE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2878Keywords:
Pembelajaran IPS, ICT, Lectora, Hasil belajarAbstract
Pertumbuhan yang cepat dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pendidikan memungkinkan siswa untuk mengakses bahan belajar yang lengkap dari berbagai sumber. Para siswa didorong untuk belajar mandiri dan mereka menjadi subyek belajar (student centered) dan guru dituntut inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran IPS berbasis ICT menggunakan Lectora Inspire dalam meningkatkan hasil belajar dari pada buku-buku teks. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental kuasi dilakukan di SD Negeri Gedongtengen Yogyakarta pada semester 2 tahun ajaran 2012/2013. Desain penelitian yang digunakan adalah Kelompok Kontrol acak desain pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gedongtengen Yogyakarta. Sampel diambil dengan menggunakan teknik ketersediaan sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan kuesioner. Perbedaan hasil belajar IPS serta minat siswa belajar IPS antara kelas eksperimen dan kontrol dianalisis dengan menggunakan t-test independen untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPS berbasis ICT dengan aplikasi Lectora Inspire. Hasil penelitian ini adalah (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan ICT aplikasi Lectora Inspire lebih tinggi daripada menggunakan buku teks (t = 9,226 dan p= 0,004< α= 0,05, (2) minat belajar siswa menggunakan ICT dengan aplikasi Lectora Inspire lebih tinggi daripada menggunakan buku teks (t= 7,098 dan p= 0,001 < α= 0,05 ).References
Arikunto, Suharsimi (2006). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Aristo Rahadi (2009). Pengertian, manfaat, dan fungsi media pembelajaran. Diambil pada tanggal 20 Januari 2010 dari http://aristorahadi.wordpress.com/2008/04/28/media-pembelajaran-dalam-pendidikan-jarak-jauh/.
Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali pers
Campbell, D. & J. Stanley. 1963. Experimental and Quasi-Experimental Designs for Research, Boston, MA: Houghton Mifflin Company.
John W. (2005). Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research, 3rd edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall
Depdiknas. (2006). Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional No 22, Tahun 2006, tentang Standar Isi Pendidikan.
Estina Ekawati (2008) dengan judul "Pembelajaran Matematika Berbantuan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Afektif Siswa. Tesis diambil dari http://pasca.uny.ac.id/?p=427
Etin Solihatin & Raharjo. (2008). Cooperatif learning analisis model pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Fraenkel, J.R & Wallen, N.E. (1993). How to design and evaluate research in education,2nd edition. New York: McGraw-Hill Inc.
Gall, M.D, Gall, J.P & Borg, W.R. (2003). Educational Research: an introduction. Boston: Pearson Education Inc.
Heinich, et al. (1996). Instructional Media and Technologies for Learning.New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.