PENGARUH PEMBELAJARAN IPS BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATIONS TECHNOLOGY) DENGAN APLIKASI LECTORA INSPIRE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Heri Maria Zulfiati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2878

Keywords:

Pembelajaran IPS, ICT, Lectora, Hasil belajar

Abstract

Pertumbuhan yang cepat dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pendidikan memungkinkan siswa untuk mengakses bahan belajar yang lengkap dari berbagai sumber. Para siswa didorong untuk belajar mandiri dan mereka menjadi subyek belajar (student centered) dan guru dituntut inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran IPS berbasis ICT menggunakan Lectora Inspire dalam meningkatkan hasil belajar dari pada buku-buku teks. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental kuasi dilakukan di SD Negeri Gedongtengen Yogyakarta pada semester 2 tahun ajaran 2012/2013. Desain penelitian yang digunakan adalah Kelompok Kontrol acak desain pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gedongtengen Yogyakarta. Sampel diambil dengan menggunakan teknik ketersediaan sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan kuesioner. Perbedaan hasil belajar IPS serta minat siswa belajar IPS antara kelas eksperimen dan kontrol dianalisis dengan menggunakan t-test independen untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPS berbasis ICT dengan aplikasi Lectora Inspire. Hasil penelitian ini adalah (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan ICT aplikasi Lectora Inspire lebih tinggi daripada menggunakan buku teks (t = 9,226 dan p= 0,004< α= 0,05, (2) minat belajar siswa menggunakan ICT dengan aplikasi Lectora Inspire lebih tinggi daripada menggunakan buku teks (t= 7,098 dan p= 0,001 < α= 0,05 ).

Author Biography

Heri Maria Zulfiati, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UST
Hp. 087739544072

References

Arikunto, Suharsimi (2006). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Aristo Rahadi (2009). Pengertian, manfaat, dan fungsi media pembelajaran. Diambil pada tanggal 20 Januari 2010 dari http://aristorahadi.wordpress.com/2008/04/28/media-pembelajaran-dalam-pendidikan-jarak-jauh/.

Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali pers

Campbell, D. & J. Stanley. 1963. Experimental and Quasi-Experimental Designs for Research, Boston, MA: Houghton Mifflin Company.

John W. (2005). Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research, 3rd edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall

Depdiknas. (2006). Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional No 22, Tahun 2006, tentang Standar Isi Pendidikan.

Estina Ekawati (2008) dengan judul "Pembelajaran Matematika Berbantuan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Afektif Siswa. Tesis diambil dari http://pasca.uny.ac.id/?p=427

Etin Solihatin & Raharjo. (2008). Cooperatif learning analisis model pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Fraenkel, J.R & Wallen, N.E. (1993). How to design and evaluate research in education,2nd edition. New York: McGraw-Hill Inc.

Gall, M.D, Gall, J.P & Borg, W.R. (2003). Educational Research: an introduction. Boston: Pearson Education Inc.

Heinich, et al. (1996). Instructional Media and Technologies for Learning.New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Downloads

Published

2015-02-03

How to Cite

Maria Zulfiati, H. (2015). PENGARUH PEMBELAJARAN IPS BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATIONS TECHNOLOGY) DENGAN APLIKASI LECTORA INSPIRE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(1), 39–58. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2878