PENERAPAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v6i2.28402Keywords:
cooperative script, pembelajaran IPS, keaktifan siswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implement-tasi pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan pemahaman dan meningkatkan keatifan siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Temon. Dengan menggunakan metode cooperative script diharapkan mengefektifkan pembelajaran khususnya pembelajar-an IPS. Subyek penelitian ditujukan pada seluruh siswa kelas VIII C SMP N 2 Temon Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan analisis secara diskripsi kualitatif dengan analisisnya menggunakan teknik analisis kritis model siklus melalui langkah: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi pengamatan dan dokumen pre test dan post test tiap siklus. Pada kondisi siklus I hasil belajar siswa rendah, siswa yang mendapat nilai < 76 sebanyak 30 (93.75%) siswa; nilai 76 -100 sebanyak 2 (6.25%) siswa. Hasil post testnya siswa yang mendapat nilai < 76 sebanyak 19 (59.37%); nilai 76 -100 sebanyak 13 (40.63%) siswa. Ketuntasan hasil belajar pada siklus ini 13 (63.75%) siswa dengan kondisi awalnya hanya 2 (43.13%) siswa. Pada pre tes siklus II, siswa yang mendapat nilai < 76 sebanyak 28 (87.50%) siswa; nilai 76-100 sebanyak 4 (12.50%) siswa. Pada post testnya siswa yang mendapat nilai < 76 sebanyak 15 (46.88%); nilai 76 -100 sebanyak 17 (53.12%) siswa. Ketuntasan hasil belajar pada siklus ini 17 (71.88%) siswa dengan kondisi awalnya hanya 4 (43.75%) siswa. Skor keaktifan pra siklus secara keseluruhan adalah 49,61 % dan ini masuk dalam kategori kurang aktif. Skor keaktifan siklus 1 secara keseluruhan adalah 57,52 %. Keaktifan siklus 2 secara keseluruhan adalah 85,55 % dan ini masuk dalam kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil tersebut menunjukan penggunaan model cooperative script dapat manjadikan siswa lebih aktif dari pembelajaran sebelumnya, yakni pada siklus 2 menunjukan pada posisi sangat aktif.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.