Aktualisasi diri dalam filsafat eksistensialisme relevansinya bagi pendidikan abad 21
DOI:
https://doi.org/10.21831/hum.v25i2.80746Keywords:
Aktualisasi Diri,, Filsafat Eksistensialisme, Pendidikan Abad ke-21Abstract
Education is an essential foundation in character building and human potential development that lasts throughout life. In the modern era, education not only acts as a transfer of knowledge, but also as a medium to help individuals achieve full self-actualization. This research explores the relevance of existentialism philosophy in the context of 21st century education, focusing on self-actualization as the core of individual development. This research uses the literature method to understand the application of existentialism principles, such as freedom, authenticity, responsibility, and the search for the meaning of life in education. The results show that existentialism-based education supports the holistic development of students' potential through self-confidence, active engagement and character strengthening. In addition, education that integrates spiritual values offers a comprehensive approach to address modern challenges, such as academic pressures, emotional needs, and the influence of technology. With this approach, students are expected to be able to face the challenges of the modern era with strong character, high integrity, and a balance between worldly and spiritual achievements. This research makes an important contribution to the development of humanist and contextualized education, according to the demands of the 21st century.
Pendidikan adalah landasan esensial dalam pembentukan karakter dan pengembangan potensi manusia yang berlangsung sepanjang hayat. Dalam era modern, pendidikan tidak hanya berperan sebagai transfer ilmu, tetapi juga sebagai medium untuk membantu individu mencapai aktualisasi diri secara utuh. Penelitian ini mengeksplorasi relevansi filsafat eksistensialisme dalam konteks pendidikan abad ke-21, dengan fokus pada aktualisasi diri sebagai inti pengembangan individu. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan untuk memahami penerapan prinsip-prinsip eksistensialisme, seperti kebebasan, autentisitas, tanggung jawab, dan pencarian makna hidup dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan berbasis eksistensialisme mendukung pengembangan potensi siswa secara holistik melalui kepercayaan diri, keterlibatan aktif, dan penguatan karakter. Selain itu, pendidikan yang mengintegrasikan nilai-nilai spiritualitas menawarkan pendekatan komprehensif untuk menjawab tantangan modern, seperti tekanan akademis, kebutuhan emosional, dan pengaruh teknologi. Dengan pendekatan ini, siswa diharapkan mampu menghadapi tantangan era modern dengan karakter kuat, memiliki integritas tinggi, serta keseimbangan antara pencapaian duniawi dan spiritual. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan yang humanis dan kontekstual, sesuai tuntutan abad ke-21.
References
Aliah, M., & Warsah, I. (2021). Evaluasi pembelajaran selama pandemi COVID-19: Tantangan dan solusi. Jurnal As-Salam, 5(2), 164–174. https://doi.org/10.37249/assalam.v5i2.333
Amalia, D., Sutarto, J., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Pengaruh pembelajaran jarak jauh bermuatan STEAM terhadap karakter kreatif dan kemandirian. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1233–1246. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1765
Anam, A. M. (2024). Peran keluarga dalam pendidikan: Kontekstualisasi pemikiran Pestalozzi dan Imam Al-Ghazali. 24(2), 181–192. https://doi.org/10.21831/hum.v24i2.75840.181-192
Andry B, A. (2023). Pentingnya pendidikan inklusif: Menciptakan lingkungan belajar yang ramah bagi semua siswa. 1(1), 12–19. https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.10
Astuti, N. P. E., & Purnama Sari, N. P. A. (2023). Tingkat perhatian guru sekolah dasar terhadap kebutuhan aspek psikologis siswa dalam pembelajaran. Jurnal Basicedu, 7(6), 3622–3629. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6437
Aulia, W., & Zainarti, Z. (2023). Pengaruh aktualisasi diri dan gaya hidup hangout terhadap keputusan pembelian di Kalamera Coffee Space pada generasi milenial kota Medan. Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Agama, 8(2), 719–734. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i2.692
Bahri, S., & Wahdian, A. (2021). Penguatan nilai-nilai pendidikan karakter melalui game edukasi Icando di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 23–41. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15078
Berlianti, D. F., Abid, A. Al, & Ruby, A. C. (2024). Metode penelitian kuantitatif pendekatan ilmiah untuk analisis data. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 1861–1864.
Bidaya, Z., & Dari, S. M. (2020). Revolusi mental melalui penguatan pendidikan karakter untuk siswa berkebutuhan khusus di kota Mataram. Civicus Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 51. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2861
Dian, Fauziyah, H., & Ayuna, N. (2022). Eksistensialisme dalam filsafat ilmu: hubungan antara manusia dan pengetahuan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 713–724.
Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. Journal Istighna, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20
Effendi, Y. (2020). Pola asuh dan aktualisasi diri: suatu upaya internalisasi konsep humanistik dalam pola pengasuhan anak. Sosiohumaniora Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(2), 13–24. https://doi.org/10.30738/sosio.v6i2.6781
Fatmah, N. (2018). Pembentukan karakter dalam pendidikan. Tribakti Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2). https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.602
Fitriani, F., & Sakban, A. (2018). Penerapan pendidikan karakter terhadap efektifitas penggunaan kurikulum 2013 dalam persepektif moral bangsa di SMA Nurul Jannah Nw Ampenan. Civicus Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 1. https://doi.org/10.31764/civicus.v6i1.636
Hariandi, A., Dwitama, D. B. D. P., Rahman, N. A., Ramadhani, R., & Yunsacintra, Y. (2023). Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah dasar. Jiip- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10155–10161. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3328
Harvina, V., Hafid, E., & Rasyid, M. R. (2022). Pengaruh manajemen kelas dan pengelolaan media pembelajaran terhadap kualitas pendidikan. Nazzama Journal of Management Education, 1(2), 147–156. https://doi.org/10.24252/jme.v1i2.28010
Hasneli, H. (2019). Manajemen dan lingkungan pendidikan Islam. Al-Qalb Jurnal Psikologi Islam, 6(2), 109–122. https://doi.org/10.15548/alqalb.v6i2.819
Hendry, N., Rizal, C., Supiyandi, N., & Irwan, N. (2023). Workshop implementasi kurikulum merdeka (kurmer) meningkatkan keterampilan mengajar dalam teknologi industri 4.0. 2(1), 151–156. https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i1.111
Hidayat, R. R., & Listyaningsih, N. (2023). Upaya mencapai aktualisasi diri tokoh kaizaki dalam naskah drama “Relife” karya Yayoiso dengan pendekatan teori psikologi Humanistik. 1(1), 126–133. https://doi.org/10.25139/akira.v1i1.5967
Imam Al-Ghazzali, & Transleted by Malik Karim Amrullah. (1963). Ihya ulumuddin menghidupkan ilmu-ilmu agama. In Jilid 1 (p. 1051).
Julianti, S. R., & Maemonah, M. (2022). Pemikiran Eksistensialisme Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Kajian Studi Pembelajaran Berbasis Alam). Indonesian Journal of Early Childhood Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 158. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1039
Keo, G. D., Lete, M., Adoe, C., Natonis, E., Lian, M., Punga, A., Maleng, G., Nakmofa, M., & Naif, A. (2022). Pengenalan Potensi Diri Remaja Peserta Katekumen GMIT Jemaat PNIEL Manutapen Klasis Kota Kupang Sebagai Upaya Mempersiapkan Karir. I-Com Indonesian Community Journal, 2(3), 636–642. https://doi.org/10.33379/icom.v2i3.1855
Kurniasih, N., Hidayani, F., & Muchlis, A. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMA Kelas XI Selama Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 116–126. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.6568
Lestari, D. P., & Mashuri, A. (2023). Membangun Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Tadarus Al-Qur’An. Primary Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 15(1), 67–82. https://doi.org/10.32678/primary.v15i1.8394
Lestari, N. A. P., Wahyuni, L. T. S., Lasmawan, I. W., Suastra, I. W., Dewi, M. S. A., & Astuti, N. M. I. P. (2023). Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Menjawab Tantangan Era Society 5.0 Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 736–746. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1996
Madon, K. R., Maemonah, N., Malahati, F., Atin, S., Irfan, I., & Nurjanna, U. A. (2023). Pandangan Eksistensialisme Terhadap Pendidikan Karakter Kedisiplinan Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 13(1), 19–27. https://doi.org/10.21067/jip.v13i1.7725
Maslow, A. H. (1970). Motivation amd Personality. Harper & Row, 369.
Murdana, K. Y., Kamanitra, R. P. S., & Herman, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Pemuda Buddhis Kecamatan Pesanggaran Dan Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi, Dengan Metode Living Values Education. 1(1), 75–90. https://doi.org/10.59291/jnd.v1i1.21
Muspawi, M. (2020). Menata Pendidikan Karakter Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Literasiologi, 4(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i2.147
Ningsih, P. O., Darsinah, N., & Ernawati, E. (2023). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 443–457. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1333
Nofrianti, L., & Wirdati, W. (2023). Rasa Percaya Diri Siswa Pada Pembelajaran PAI Sekolah Dasar. As-Sabiqun, 5(3), 718–726. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i3.3299
Nugraha, D., Zaenudin, M., & Faizah, S. (2023). Pengembangan Diri Dalam Standardisasi Dunia Usaha Dan Industri Melalui Kegiatan Talkshow. Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1616–1627. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1078
Nuraida, N. (2022). Pendidikan Karakater Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2), 663–669. https://doi.org/10.58344/jmi.v1i2.60
Oktavianto, F., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kepribadian Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMKN 1 Magetan. Journal of Office Administration Education and Practice, 1(2), 210–223. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n2.p210-223
Pulu, F. B. K., Lola, T. K., Sawe, M. S., Ede, A. P., Jodo, D. J., Wea, Y. K., Dewi, Y. C., & Fono, Y. M. (2023). Penerapan Pendidikan Seni Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. 2(1), 121–128. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1617
Purna, P. A., & Pusposari, D. (2021). Kepribadian Dan Aktualisasi Diri Unyil Dalam Petualangan Si Unyil. Jolla Journal of Language Literature and Arts, 1(2), 280–293. https://doi.org/10.17977/um064v1i22021p280-293
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. Dwija Cendekia Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Puspita, V., Marcelina, S., & Melindawati, S. (2023). Pelatihan Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Penyusunan Modul Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Bhakti Nagori (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 235–240. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v3i2.3402
Putri, I. F. (2023). Peran Kepedulian Orang Tua Terhadap Prilaku Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Dirasah Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 107–111. https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i2.500
Rawung, W. H., Katuuk, D. A., Rotty, V. N. J., & Lengkong, J. S. J. (2021). Kurikulum Dan Tantangannya Pada Abad 21. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 29. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112127
Riza, F., & Yoto, Y. (2023). Membangun Kecerdasan Emosional Siswa SMK Untuk Menjawab Tantangan Industri Modern. Briliant Jurnal Riset Dan Konseptual, 8(4), 940. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4.1643
Rohmah, L. (2019). Eksistensialisme dalam Pendidikan. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(1), 86–100. https://doi.org/10.32923/edugama.v5i1.960
Rosanti, A. (2021). Manajemen Kelas Sebagai Pembentuk Karakter Peserta Didik Di SMK Al Ihya Selajambe Kabupaten Kuningan. Syntax Literate Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(4), 1596. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i4.2547
Rosita, R., & Muhtar, T. (2022). Urgensi Pendidikan Karakter: Tantangan Moralitas Dalam Dinamika Kehidupan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Basicedu, 6(4), 6057–6067. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3138
Rudisa, R., Elpisah, E., Fahreza, M., & Yahya, M. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter Dan Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6227–6235. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1804
Santoso, A., Nugroho, A. S., & Ma’ruf, M. H. (2022). Peningkatan Kinerja Manajerial Berbasis Anggaran Partisipasi. Owner, 6(2), 1385–1397. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.759
Suarti, S., Aswat, H., & Masri, M. (2023). Peran Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Menuju Pelajar Pancasila Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2527–2535. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5867
Sunarno, S., Rukmini, B. S., & Puspita, A. (2023). Living Values Education Program Untuk Meningkatkan Karakter Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran PPKN. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(1), 72–78. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4328
Supena, A. (2017). Model Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Tunagrahita Di Sekolah Dasar. Parameter Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2), 145–155. https://doi.org/10.21009/parameter.292.03
Susanto, R. (2022). Analisis Dukungan Emosional Dan Penerapan Model Kompetensi Pedagogik Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar. Jurnal Educatio Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 26. https://doi.org/10.29210/1202221604
Suryadi, I. (2023). Dampak pendidikan inklusif terhadap partisipasi dan prestasi siswa dengan kebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 517-527. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.597
Syafi’i, A., Saied, M., & Hakim, A. R. (2023). Efektivitas Manajemen Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Diri. Journal of Economics and Business Ubs, 12(3), 1905–1912. https://doi.org/10.52644/joeb.v12i3.237
Tahmidatien, L., & Krismanto, W. (2019). Menumbuhkan Motivasi Belajar Dari Aspek Value, Expectancy Dan Self Regulated Learning. Publikasi Pendidikan, 9(1), 87. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.8509
Triyanto, T. (2020). Peluang Dan Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Digital. Jurnal Civics Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175–184. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476
Wiarsih, N., & Astawan, I. G. (2021). Pendidikan Responsif Gender Dan Kesehatan Reproduksi Dalam Proses Pembelajaran. Mimbar Ilmu, 26(2), 333. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.38505
Widiyanti, D., & Harti, H. (2021). Pengaruh Self-Actualization Dan Gaya Hidup Hangout Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Kekinian Pada Generasi Milenial Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 50–60. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.1.50-60
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Zayyana Ulfah, Syihabuddin -, Maulia Depriya Kembara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.