Penguatan amaliah keshalihan mahasiswa melalui tutorial PAI di Universitas Pendidikan Indonesia: Pendekatan kokurikuler

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21831/hum.v25i2.77156

Keywords:

Amaliah Keshalihan, Program Tutorial, Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak, Kokurikuler PAI.

Abstract

The reinforcement of Islamic Religious Education outside the classroom can utilize co-curricular activities to ensure the achievement of essential learning objectives, namely developing students' potential for faith, piety, and noble character. This study aims to analyze the role of tutorials in enhancing the religious practices of students at UPI, making this research important as it can provide solutions to address the shortage of classroom instructional hours. This research method is qualitative, with the subjects being the Head of the Tutorial Program, Lecturers, Tutors, and PAI participants. Data collection was conducted through interviews, observations, and documentation. Data analysis included reduction, presentation, verification, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the reinforcement of religious practices is carried out through examples, encouragement, commands, practice, rewards, and the like. The material taught relates to the relationship with God (Habluminallah), the relationship with others (Habluminannas), and the relationship with the environment (Hablumin al-alam). The religious character formed strengthens individual religious commitment in worship or religious practice (the ritualistic dimension) and reinforces individual religious commitment in the dimension of effect or experience. This research implies the importance of responding to the limited classroom time for PAI in meeting the targeted PAI objectives through co-curricular programs to optimize these goals. Therefore, the researcher recommends efforts to enhance character formation or moral development through co-curricular activities in public schools and universities.

Penguatan Pendidikan Agama Islam di luar kelas dapat menggunakan kegiatan kokurikuler guna memastikan tercapainya tujuan pembelajaran yang esensial yaitu mengembangkan potensi keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Tutorial dalam meningkatkan amaliah keshalihan mahasiswa di kampus UPI. Sehingga, penelitian ini penting karena dapat memberikan solusi untuk mengatasi kekurangan jam pelajaran di kelas. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan responden Ketua Penyelenggara Tutorial, Dosen, Tutor, dan peserta PAI. Pengumpulan data dilalukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi, penyajian, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penguatan amaliah keshalihan dilakukan melalui teladan, anjuran, suruhan dan perintah, latihan, hadiah dan sejenisnya. Materi yang diajarkan adalah yang berkaitan dengan Habluminallah, Habluminannas, dan Hablumin al-alam. Kemudian, karakter religius yang dibentuk adalah menguatkan komitmen religius individu ke dalam peribadatan atau praktek agama (the ritualistic dimension) dan menguatkan komitmen religius individu ke dalam dimensi effect atau pengalaman.Penelitian ini berimplikasi pada pentingnya merespon keterbatasan waktu PAI di kelas dalam memenuhi kebutuhan beban yang ditargetkan oleh PAI melalui program kokurikuler untuk mengoptimalkan tujuan secara optimal. Sehingga, peneliti merekomendasikan dilaksanakannya upaya peningkatan pembentukan karakter atau pembentukan akhlak melalui kegiatan kokurikuler di sekolah-sekolah umum dan perguruan tinggi umum.

References

Abdurohim. (2017). Peranan masjid kampus dalam pembentukan pendidikan karakter mahasiswa di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA, 3(1), 1–16. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JAWARA/article/view/8308

Adawiyah, R. (2019). Peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam mahasiswa melalui kompentensi profesional dosen dan minat belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 197–217. https://doi.org/https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.5

Alam, L. (2016). Internalisasi nilai-nilai pendidikan islam dalam perguruan tinggi umum melalui lembaga dakwah kampus. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 101–120. https://doi.org/10.24269/ijpi.v1i2.171

Anwar, R. N., & Muhayati, S. (2021). Upaya membangun sikap moderasi beragama melalui pendidikan agama islam pada mahasiswa perguruan tinggi umum. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v12i1.7717

Anwar, S. (2016a). Kajian konseptual tentang hakekat dan tujuan PAI pada pendidikan tinggi di Indonesia: Perspektif Pendidikan Islam, Pendidikan Agama, dan Pendidikan Umum. The 1st UPI International Conference on Islamic Education, 273–277.

Anwar, S. (2016b). Tolerance education through islamic religious education in Indonesia. In 1st UPI International Conference on Sociology Education. Atlantis Press, 438–442. https://doi.org/10.2991/icse-15.2016.95

Anwar, S. (2018). Internalization of tolerance values by empowering the environment as learning resource through islamic religious education in higher education. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 145(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/145/1/012119

Anwar, S., Sauri, S., Hakam, K. A., & Asyafah, A. (2018). Forming Tolerant students through the lecture of islamic religious education at higher education: a reseach based teaching and learning strategy. 2(228), 888–895. https://doi.org/10.5220/0007107708880895

Arifin, S. (2023). Peranan mahasiswa dalam dunia pendidikan di masa pandemi COVID-19. CHATRA: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.62238/chatrajurnalpendidikandanpengajaran.v1i1.3

Asra, F. A. (2021). Metode pembelajaran gabungan discovery learning dan inquiry learning guna pemaksimalan potensi siswa. Jurnal OSF Preprint, 1(1), 1–6. https://www.academia.edu/97826739/Metode_Pembelajaran_Gabungan_Discovery_Learning_dan_Inquiry_Learning_Guna_Pemaksimalan_Potensi_Siswa

Aswanda, J., Risnawati, & Rizqa, M. (2024). Pengaruh keaktifan siswa mengikuti program bina pribadi Islam (BPI) terhadap kedisiplinan beribadah siswa di SMK Islam Inayah Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu. Journal of Innovation Science and Knowledge, 2(2), 452–470. https://doi.org/https://doi.org/10.61966/ghiroh.v2i2.33

Dewi, F. A. (2023). Implementasi sekolah ramah anak melalui pengembangan budaya religius di SMAN 3 Kediri. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 1(1), 66–82. https://doi.org/10.59001/pjier.v1i1.70

Fadhilah, A. N., Jihadianti, S., Shofiyah, S., & Karimah, U. (2023). Strategi guru PAI dalam mengatasi problematika ranah afektif pada pembelajaran PAI di SMA. In Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL), 597–607. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/aiciel/article/view/9756

Fadilah, S. N., & F, N. (2021). Implementasi Reward dan punishment dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Jember. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.35719/educare.v2i1.51

Fahrudin, F., & Anwar, S. (2022). Lecturers’ perceptions about learning tolerance in islamic religious lectures at indonesia university of education. Religio Education, 2(1), 55–70. https://doi.org/10.17509/re.v2i1.46770

Fakhruddin, A., & Nasrudin, E. (2023). Pengutan pendidikan karakter religius mahasiswa melalui program tutorial keagamaan. Wakita: Jurnal Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Karakter, 7(2), 143–158. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.waskita. 2023.007.02.03

Farhani, D. (2019). Manajemen karakter melalui kegiatan kokurikuler keagamaan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 209–220. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619

Firmansyah, M. I., Nurdin, E. S., Hakam, K. A., Kosasih, A., & Hakam, A. (2023). Strengthening the moderate character of students’ through the co-curricular islamic education tutorial program at public universities. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 8(2), 17–33. https://doi.org/10.25217/ji.v8i2.3240

Framanta, G. M. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap kepribadian anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126–129. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.654

Frimayanti, A. I. (2017). Implementasi pendidikan nilai dalam pendidikan agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227–247. https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128

Glock, R. S. Y. (1970). American piety: The nature of religious commitment. Univ of California Press.

Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2017). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. E-Journal Unipma, 7(1), 1–8. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE

Hamid, A., Mahmud, A., & Aldiawan, A. (2019). Strategi dosen pendidikan agama Islam dalam mencegah ekslusivitas dan radikalisme pada kegiatan keagamaan mahasiswa. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(2), 75–89. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i2.2724

Hanafi, Y., Hadiyanto, A., Abdussalam, A., Munir, M., Hermawan, Wawan Suhendar, W. Q., Barnansyah, R. M., Purwanto, Y., Yani, M. T., & Khatulistiswa, D. P. (2022). Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam perkuliahan pendidikan agama islam (Issue 1). Delta Pijar Khatulistiwa.

Hanifa, A., Aulya, C. N., Wisesa, N. S., Faturrohman, R., & Hadiansyah, S. (2023). Survei kepuasan peserta program tutorial terhadap program tutorial PAI UPI. Education: Scientific Journal of Education, 1(2), 133–144. https://journal.csspublishing/index.php/education

Harumike, Y. D. H., Siswati, E., & Batari, F. T. (2021). Manajemen program siaran suara persada, radio Persada FM dalam mempertahankan eksistensi di era digitalisasi. Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 11(1), 192–201. https://journals.ekb.eg/article_243701_6d52e3f13ad637c3028353d08aac9c57.pdf

Heriadi. (2022). Penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada kompetensi membaca Alquran. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 2(5), 2259–2268. https://doi.org/10.30829/taz.v11i1.1389

Hidayat, T. (2019). Pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi pendidikan. Jurnal Study Kasus, 3(1), 1–13. https://www.researchgate.net/publication/335227300_PEMBAHASAN_STUDI_KASUS_SEBAGAI_BAGIAN_METODOLOGI_PENELITIAN

Husin. (2023). Pemikiran pembaharuan pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan perspektif intelektual muslim di Indonesia. Jurnal: Ilmiah Global Education, 4(2), 662–684. https://doi.org/10.55681/jige.v4i2.784

Jumal, A. (2020). Religiusitas, refleksi dan subjektivitas keagamaan. Deepublish.

Kadir, F. (2015). Strategi pembelajaran afektif untuk meningkatkan pendidikan masa depan. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 135–149. https://www.neliti.com/publications/235695/strategi-pembelajaran-afektif-untuk-investasi-pendidikan-masa-depan

Khasanah, W. (2021). Kewajiban menuntut ilmu dalam Islam. Jurnal Riset Agama, 1(2), 296–307. https://doi.org/10.15575/jra.v1i2.14568

Komana, A., Sukandar, A., & Helmawati. (2022). Implementasi nilai-nilai aqidah dalam membentuk ahlak mulia (di SMKIT Baitul Aziz Kabupaten Bandung). ANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 92–103. https://jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id/index.php/tanzhimuna/article/view/149%0Ahttps://jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id/index.php/tanzhimuna/article/download/149/119

Kosasih, A., Fahrudin, & Anwar, S. (2009). Pengembangan model pembelajaran PAI melalui pembinaan keagamaan berbasis tutorial menuju terciptanya kampus UPI religius. Jurnal Penelitian, 9(1), 1–14. http://jurnal.upi.edu/file/Aceng_Kosasih.pdf

Kosasih, A., & Firmansyah, M. I. (2019). Narasi varian keagamaan dan kebangsaan di kalangan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. In Seminar Nasional Inovasi Dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora-InoBali, 2(1), 373–383. https://eproceeding.undwi.ac.id/index.php/inobali/article/view/85

Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan karakter dalam menghadapi teknologi pendidikan abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289

Marimba, A. (1999). Pengantar filsafat pendidikan Islam. PT. Al Ma’arif.

Marzuki, & Hapsari, L. (2015). Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan kepramukaan di MAN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 142–156. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8619

Mayasari, A., & Arifudin, O. (2023). Penerapan model pembelajaran nilai melalui pendidikan agama Islam dalam menbentuk karakter siswa. Jurnal Antologi Kajian Multididiplin Ilmu[Al-Kamil], 1(1), 47–59. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/Alkamil/article/view/419

Muslimin, Misdah, & Wahab. (2021). Pembinaan Karakter Melalui Kegiatan Pramuka untuk Peningkatan Disiplin Siswa. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 12–19. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i2.118

Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 26(1), 21–32. http://www.e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tasyri/article/view/66

Naser, M. N. (2022). Evaluasi Program Model CIPP pada Lembaga Konseling Mahasiswa Fakultas UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9(2), 137–150. https://doi.org/10.29407/nor.v9i2.16890

Nasih, A. M., Sultoni, A., & Thoriquttyas, T. (2020). Ragam Penguatan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi Umum (A. Sultoni (ed.)). Delta Pajar Khatulistiwa. https://repository.um.ac.id/1521/

Noor, H. (2023). Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum di Banjarmasin. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(1), 375–386. https://doi.org/10.35931/aq.v17i1.1811

Pertiwi, F. N. (2019). Sistem Pengelolaan (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi) Laboratorium IPA SMP Negeri di Ponorogo. Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam, 13(1), 65–76. https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v13i1.1704

Prasojo, T. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas X IPA 7 Materi Trigonometri SMA Negeri 1 Kudus. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 91–98. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5049

Rahim, R. (2018). Urgensi Pembinaan Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum (PTU). Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 1(1), 17–26. https://unanda.ac.id/ojs/andidjemma/article/view/103

Rahim, R. (2020). Poblematika Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum (PTU). Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan, 3(1), 49–58. https://unanda.ac.id/ojs/andidjemma/article/view/337

Rahmi, A. F., & Putri, R. I. (2023). Meningkatkan Pentingnya Kesadaran Beragama pada Generasi Z. Journal Islamic Education, 1(4), 662–668. https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/index

Rochmat, C. S., Maulaya, R. D., & Avilya, A. (2022). The Concept And Role Of The Student Centered Learning Model In Adolescent Akhlaq Education. Jurnal At-Ta’dib, 17(2), 232–253. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v17i2.8285

Rofida, A., Khunaepi, A., & Anbiya, B. F. (2021). Implementasi Pembelajaran Afektif dalam Menguatkan Budaya Religius pada Masa Pandemi di SD Negeri 2 Karanggintung. Jurnal Penelitian, 1(1), 1–20. https://www.academia.edu/86776342/IMPLEMENTASI_PEMBELAJARAN_AFEKTIF_DALAM_MENGUATKAN_BUDAYA_RELIGIUS_PADA_MASA_PANDEMI_DI_SD_NEGERI_2_KARANGGINTUNG

Safitri. (2023). Teknik Reinforcement dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri di Pondok Pesantren Baiturrahman Salak Randuagung Lumajang. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 3(1), 49–69. https://doi.org/https://doi.org/10.54471/rjps.v3i1.2279

Salay, R. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Mendapatkan Teacher Centered Learning (TCL) Dengan Student Centered Learning (SCL). Jurnal Education, 1(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/ybeux

Selvia, S., Rahmat, M., & Anwar, S. (2022). Tingkat Pemahaman Moderasi Beragama Mahasiswa di Perguruan Tinggi Umum dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Intizar, 28(1), 1–9. https://doi.org/10.19109/intizar.v28i1.11667

Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Jurnal Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705

Shunhaji, A., Sarnoto, A. Z., & Khudlori, I. (2019). Kepemimpinan Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur’an. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(2), 105–116. https://stitalamin.ac.id/jurnal/index.php/alamin/article/view/180/118

Sinta, D., Syahidin, & Hermawan, W. (2019). Peran Tutorial PAI dalam Menangkal Paham Radikal Keagamaan di Kampus UPI. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 1–18. https://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/article/view/20570

Siregar, L. Y. (2021). Motivasi Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 15–28. https://doi.org/10.24952/bki.v3i1.3448

Solihat, D., & Wahyudi, U. R. (2023). Peran Guru PAI dalam Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Mentoring di SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. Alsys: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 33–53. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i1.756

Supriyoko, K. (2013). Implementasi Evaluasi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional. Jurnal Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan, 1(2), 1–5. https://conf.unnes.ac.id/index.php/snep/I/paper/view/8

Suryadi, R. A., & Anwar, S. (2023). Klasifikasi Tujuan Pendidikan Islam. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 76–86. https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/kamaliyah

Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60

Syaifuddin, M. A., & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Muatan Lokal di SMP Muhammadiyah 2 Taman. Jurnal PALAPA, 7(2), 267–285. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i2.358

Taklimudin, & Jannah, N. (2023). Upaya Menanamkan Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi. 8(2), 169–182. https://doi.org/10.29240/belajea.v8i2.6435

Ulfah, S. M., Erhamwilda, & M. Tsaury, A. (2021). Peran Guru PAI dalam Bimbingan dan Konseling terhadap Perkembangan Akhlak Siswa di SMA X Cimahi. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(2), 85–89. https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i2.361

Warosari, Y. F. (2022). Mengembangkan Penelitian Kualitatif untuk Pendidikan Agama Islam. Jurnal Adzkiya, 6(1), 33–47. https://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/adz/article/view/124

Widodo, A. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Annual Conference On Islamic Education Managementrnal In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 4(5), 2077–2081. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v4i5.66370

Yacob, I. M., & Zamroni, M. A. (2024). Peran Guru PAI dalam Gerakan Literasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Banda Aceh. 4(1), 92–103. https://doi.org/https://doi.org/10.54437/irsyaduna Peran

Yanto, F., Yasin, M., & Supatmi. (2023). Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI di Sman 3 Bungo Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo Jambi Tahun 2022/2023. Unisan Jurnal, 2(4), 829–835. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal

Zulharby, P., Arifah, F., Sarip, M., & Kurnianingsih, D. (2023). Pelatihan Strategi Pengajaran Kooperatif Problem Posing bagi Guru-Guru Yayasan Attaqwa VIII Karang Tengah. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 278–289. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39534

Downloads

Published

2025-10-08

How to Cite

[1]
Nurapipah, I. et al. 2025. Penguatan amaliah keshalihan mahasiswa melalui tutorial PAI di Universitas Pendidikan Indonesia: Pendekatan kokurikuler. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 25, 2 (Oct. 2025). DOI:https://doi.org/10.21831/hum.v25i2.77156.