MEMBANGUN KARAKTER TOLERAN- MILITAN MELALUI PENDIDIKAN INSPIRATIF

Authors

  • L Andriani Purwastuti

DOI:

https://doi.org/10.21831/hum.v11i1.20996

Abstract

Berbagai fenomena keterpurukan dalam berbagai bidang dan kekerasan yang terjadi pada akhir-akhir ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia berada pada krisis karakter toleran-militan. Pengembangan karakter toleran-militan menjadi urgen dilakukan oleh dunia pendidikan. Salah satu strategi untuk membangun karakter toleran-militan adalah pendidikan inspiratif.

Pendidikan inspiratif akan menghasilkan  inspirator yang membawa ilham bagi sesamanya untuk membangun sebuah dunia yang bermakna bagi hidup bersama. Pribadi yang inspiratif adalah pribadi yang dapat membawa sesamanya maju bersama, mekar bersama dengan kompetisi yang sehat, saling membangun dan mendukung.

Strategi pendidikan inspiratif dapat dilakukan dengan model pembelajaran yang demokratis dan pembelajaran reflektif. Pembelajaran yang menggunakan paradigma pedagogi reflektif memiliki tiga unsur  utama yaitu  pengalaman, refleksi, dan aksi. Pembelajaran reflektif mensyaratkan adanya dialog dan sharing pengalaman.

Downloads

Published

2018-08-28

How to Cite

[1]
Purwastuti, L.A. 2018. MEMBANGUN KARAKTER TOLERAN- MILITAN MELALUI PENDIDIKAN INSPIRATIF. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 11, 1 (Aug. 2018). DOI:https://doi.org/10.21831/hum.v11i1.20996.