Pemanfaataan lingkungan berbasis alam sebagai sumber belajar kelas V di SD 1 Trirenggo Bantul
DOI:
https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32055Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis lingkungan berbasis alam yang digunakan sebagai sumber belajar, mendeskripsikan langkah-langkah pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar, dan mengetahui hambatan dan solusi yang digunakan dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatakan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yang terdiri dari 2 pendidik dan 8 peserta didik kelas VA dan VB, SD 1 Trirenggo Bantul. Metode pengambilan data menggunakan teknik triangulasi: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran pada tema 8 dan 9, pendidik menggunakan lingkungan alam fisik atau abiotik saja sebagai sumber belajar yang terdiri atas; air, tanah, pasir, batu kerikil besar dan kecil. Langkah-langkah pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian. Hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran adalah peserta didik tidak mengikuti instruksi yang diberikan oleh pendidik saat melakukan pengamatan. Solusi yang dilakukan oleh pendidik yaitu pendidik menegur, menasehati dan mengingatkan peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Epistema allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted articles in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.