Tantangan Pendidikan Di Era Modern: Kajian Literatur Terhadap Isu Strategis Dan Implikasinya Bagi Sistem Pendidikan Indonesia

Authors

  • Ihsan Arbiyanta Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jwuny.v7i2.85282

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji berbagai tantangan utama dalam dunia pendidikan Indonesia melalui pendekatan literature review. Dalam konteks globalisasi, revolusi industri 4.0, dan transformasi digital, sistem pendidikan nasional dihadapkan pada dinamika yang kompleks dan berlapis. Kajian ini dilakukan dengan menelaah artikel-artikel ilmiah terpilih yang dipublikasikan dalam kurun waktu 2015–2025, baik dari jurnal nasional terindeks SINTA maupun jurnal internasional bereputasi. Hasil kajian menunjukkan lima isu sentral yang mendominasi diskursus tantangan pendidikan, yakni: kesenjangan akses dan kualitas pendidikan, ketimpangan digitalisasi, kurikulum yang belum relevan dengan tuntutan zaman, kompetensi guru yang belum optimal, serta lemahnya implementasi kebijakan pendidikan di lapangan. Kelima tantangan tersebut saling berkaitan dan memperkuat satu sama lain, sehingga diperlukan solusi yang komprehensif dan kolaboratif untuk menanganinya. Artikel ini merekomendasikan reformasi kebijakan pendidikan yang adaptif, peningkatan pelatihan guru, inovasi kurikulum kontekstual, serta kolaborasi lintas sektor sebagai pendekatan strategis dalam menjawab tantangan pendidikan di era modern.

References

Anam, A. M., MR, M. I. F., Wiratmoko, D., Alwiyah, N., & Kurniawan, S. (2025). Kontekstualisasi Pemikiran Filsafat Pendidikan Imam Al-Ghazali dan Muhammad Abduh. Al-Isnad: Journal of Islamic Civilization History and Humanities, 6(01), 73–88. https://doi.org/10.22515/isnad.v6i01.11570

Dwijonagoro, S. (2023). Pendidikan Khas Kejigjaan untuk Jenjang Pendidikan Dasar. Yogyakarta: Disdikpora dan Dewan Pendidikan DIY.

Efianingrum, A., Hanum, F., Cathrin, S., & Hardianto, D. (2025). The urgency of anti-bullying digital literacy in habituating the character of junior high school students in Yogyakarta city. Multidisciplinary Science Journal, 7(9). https://doi.org/10.31893/multiscience.2025462.

Habibi, A. R., Sapoetra, Y. A., Kabalen, N. W., & MR, M. I. F. (2025). Pengelolaan Enceng Gondok untuk Perkembangan Perekonomian Masyarakat Desa Jabung di Waduk Wlingi Raya. Jurnal Ilmiah WUNY, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jwuny.v7i1.78434

Maharani, R., Wijayanti, W., Zafrullah, Z., & Gunawan, R. N. (2025). The Effect of Principal Leadership, Organizational Culture, and Teacher Commitment on Teacher Performance in Senior High Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(1), 177–191. https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i1.6192.

NS, Maya., Rahman, A., & Habiburrahman, S. (2022). Madrasah Leadership in the Post COVID-19 Era: Lesson Learn From Crisis in Indonesia. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(2), 193–198. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline1037.

Rahayu, D. P., Himmatussa’idah, N., & MR, M. I. F. (2025). Moral Spiritual Education Through Quiet Book Media: Instilling Love for God’s Creation in Preschool Children. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.24952/di.v13i1.16680

Ruhmi, F., & Yuliana, L. (2025). Patterns of Principal Academic Supervision in the Digital Age at Madrasah Tsanawiyah. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(1), 141–151. https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i1.6050.

Sari, M. N., Harto, S. P., & Muhyadi, M. (2024). Development of entrepreneurship education based on the menara berkah model in Indonesian vocational high schools. Journal of Education and Learning, 18(3), 868–880. https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i3.21003.

Tuasikal, M. A., Prasojo, L. D., & Muhyadi, M. (2024). Role Of Managerial Principles And Teaching Supervision In Improving Teacher Performance At The Islamic Education Center For Kids. Journal of Social Science (JoSS), 3(1), 1210–1220. https://doi.org/10.57185/joss.v3i1.269.

Umar, Ghufron, A., & Wuryandani, W. (2025). Integrating Maja Labo Dahu culture in Islamic education: a module for character development in elementary students. Journal of Education and Learning, 19(2), 711–723. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i2.21801

Utami, I. S., Ghufron, A., & Ishartiwi, I. (2025). Universal Design for Learning in Online Education: A Systematic Review of Evidence-Based Practice for Supporting Students with Disabilities. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 24(3), 94–116. https://doi.org/10.26803/ijlter.24.3.5.

Wibawa, S. et al. (2023). Buku Induk Filosofi Pendidikan Khas Kejogjaan. Yogyakarta: Disdikpora dan Dewan Pendidikan DIY.

Downloads

Published

2025-10-13

How to Cite

Arbiyanta, I. (2025). Tantangan Pendidikan Di Era Modern: Kajian Literatur Terhadap Isu Strategis Dan Implikasinya Bagi Sistem Pendidikan Indonesia . Jurnal Ilmiah WUNY, 7(2), 98–111. https://doi.org/10.21831/jwuny.v7i2.85282