Analisis respon mahasiswa terhadap media pembelajaran berbasis video prosedur ilmiah pembuatan donat pada materi bioteknologi
DOI:
https://doi.org/10.21831/jwuny.v7i1.69747Keywords:
Scientific procedures, donut making, biotechnology and learning media.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon mahasiswa terhadap penggunaan dan kebermanfaatan pengembangan media pembelajaran berupa video prosedur ilmiah pembuatan donat pada materi bioteknologi. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA semester V angkatan 2021 pada mata kuliah Videografi sebanyak 30 orang. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik survei menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif untuk mengevaluasi tanggapan dan persepsi mahasiswa terhadap efektivitas media video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respon baik terhadap video prosedur ilmiah dengan indikator unsur audio, visual, materi, dan bahasa.
References
Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
Febriani, Deni. (2017). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kurniawan, T. D., & Trisharsiwi, T. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Se-kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahun Ajaran 2015/2016. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(1).
Kustandi, Cecep. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.
MR, M. I. F. (2017). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Menjawab Tantangan Modernitas: Studi Multisitus di Pondok Pesantren Lirboyo dan Pondok Pesantren Al-Falah Kediri. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.1.67-88
MR, M. I. F. (2019). Learning Patterns of Deaf Students in Islamic Religious Studies. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3821
MR, M. I. F., Anam, A. M., Agustinova, D. A., Prasastiawati, D., Awalin, F. R. N., & Yaacob, N. H. (2024). Community-based Islamic education: Democratizing learning through local wisdom. Jurnal Ilmiah WUNY, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i2.76362
MR, M. I. F., & Widiastuti, A. (2024). "ªPendidikan Sociopreneur Komunitas Muslim: Integrasi Nilai Islam dan Kewirausahaan Sosial. UNY Press. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=qs3egR0AAAAJ&sortby=pubdate&authuser=1&citation_for_view=qs3egR0AAAAJ:eQOLeE2rZwMC"¬
MR, M. I. F., Widiastuti, A., & Widodo, S. F. A. (2024). "ªSekolah Yang-Eyang Modeling For Grandchild Caregiving: A Lesson From East Java, Indonesia. https://iceri.uny.ac.id/sites/iceri.uny.ac.id/files/download-file/Prosiding%20ICERI%202024.pdf"¬
Munadhi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Onong, U. (2003). Ilmu komunikasi Teori dan Praktek, cetakan kesembilan belas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. hal 293.
Pratiwi, E. M., , Gunawan, dan Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7 (2): 381–386.
Sadiman, A. S. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Sinta Rahmawati, Achmad Ali Fikri, M.Pd. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bioteknologi melalui Video Tik Tok. National Conference Of Islamic Natural Science Vol 2(1), (2022), 151-160
Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Argesindo.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Widiastuti, A., & MR, M. I. F. (2024). Meningkatkan Sikap Peserta Didik Melalui Social Action Project dan Project Based Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i2.p107-118
Widiastuti, A., MR, M. I. F., Widodo, S. F. A., Ahmed, T., & Shahzeb, S. (2024). Integration of Pancasila and Islamic values in Indonesia's futuristic education transformation: Multicultural analysis. Journal of Social Studies (JSS), 20(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jss.v20i2.76379
Widodo, S. F. A., MR, M. I. F., Widiastuti, A., Ahmed, T., & Shahzeb, S. (2024). Implementasi dan dampak pendidikan holistik berbasis lingkungan pada siswa: Studi kasus di sekolah alam. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 24(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/hum.v24i2.76954
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.