WACANA SUBALTERN HISTORY MELALUI CRITICAL PEDAGOGY DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Rikza Fauzan SMA Negeri Kota Serang
  • Yuni Maryuni SMA Negeri Kota Serang
  • Agus Rustamana SMA Negeri Kota Serang
  • Pitria Apriyani SMA Negeri Kota Serang

DOI:

https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i2.54517

Keywords:

Subaltern, Pedagogi Kritis, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Kajian ini merupakan studi literatur ilmiah mengenai narasi subaltern dalam pembelajaran sejarah di Indonesia. Konsep subaltern sendiri merupakan salah satu konsep dalam paradigma poskolonial sebagai antitesis historiografi "grand narrative". Tujuan penulisan ini adalah mendeskripsikan perkembangan subaltern dalam sejarah nasional dan pendekatannya melalui dialog kritis. Metode yang digunakan dalam kajian ini dengan studi literatur dengan mengumpulkan referensi yang relevan dalam menarik kesimpulan. Hasil kajian mendeskripsikan perkembangan narasi subaltern dalam kurikulum pendidikan sejarah di Indonesia. kajian subaltern hsitory didasarkan atas beragam narasi (multiples narratives) atau sejumlah narasi kecil (small narative) yang bisa dimasukkan dan dikembangkan dalam materi dan pembelajaran sejarah. Urgensi subaltern secara praksis diimplementasikan melalui pedagogi kritis dalam pendidikan sejarah.

References

Afacan, Serhan. (2020). Power and Autonomy: Subaltern Studies and the History of the Subaltern Groups. Tarihyazımı : Journal of Historiography, Summer 2020, 2(1), ss. 1-12.

Ahmad, T. A. (2016). Sejarah Kontroversial di Indonesia: Perspektif Pendidikan (1 ed.). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Apple, M. W., & Buras, K. L. (Ed.). (2006). The subaltern speak: Curriculum, power, and educational struggles. Routledge.

Ashcroft, B., Griffiths, G., & Tiffin, H. (2017). Post-colonial studies: The key concepts (2nd ed.). Routledge.

Bhabha, H. K. (2012). The location of culture. Routledge.

Brett, Peter. (2021). Postcolonial history education: Issues, tensions and opportunities. Journal Historical Encounters Volume 8 Number 1.

Brett, P., & Guyver, R. (2021). Postcolonial history education: Issues, tensions and opportunities. Historical Encounters, 8(2), 1–17. https://doi.org/10.52289/hej8.210

Cornbleth, C. (2017). Critical Theory(s). In M. M. Manfra & C. M. Bolick (Ed.), The Wiley Handbook of Social Studies Research (hal. 191–209). John Wiley & Sons.

Denney, A. S., & Tewksbury, R. (2013). How to write a literature review. Journal of criminal justice education, 24(2), 2.

Fischman, G. E. (1998). Donkeys and superteachers: Popular education and structural adjustment in Latin-America. International Journal of Education, 44

Giroux, H.A. (1983). "˜Theories of Reproduction and resistance in the new sociology of education: A Critical Analysis', Harvard Educational Review, A Journal (53)

Gregory, Ann. (2009). Constructing Critical Literacy: Self-Reflexive Ways for Curriculum and Pedagogy. University of Nottingham Centre for the Study of Social and Global Justice in Critical Literacy: Theories and Practices

Hickling-Hudson, A., Matthews, J., & Woods, A. (Ed.). (2003a). Disrupting preconceptions: Postcolonialism and education. Post Pressed.

Hickling-Hudson, A., Matthews, J., & Woods, A. (2003b). Education, postcolonialism and disruptions. In A. Hickling-Hudson, J. Matthews, & A. Woods (Ed.), Disrupting Preconceptions: Postcolonialism and Education. Post Pressed

Kartodirdjo, Sartono. (1984). Pemberontakan Petani Banten 1888. Pustaka Jaya.

Kochhar, S.K. 2008. Teaching of History (Pembelajaran Sejarah). Jakarta : PT Grasindo.

Krippendoff, Klaus. 1993. Analisis isi: Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta : Citra Niaga Rajawali Press.

Kulthau, C. C. 2002. Teaching The Library Reseach USA : Scarecrow Press Inc.

Nordholt, H. S. (2004). De-colonising Indonesian Historiography.

Nordholt, H. S., Purwanto, B., & Saptari, R. (2008). Perspektif baru penulisan sejarah Indonesia. Yayasan Obor Indonesia.

Nursalam. 2016. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi.4. Jakarta : Salemba Medika.

Nuryatno, Agus M. 2011. Telaah Kritis terhadap Filsafat Pendidikan Paulo Freire. Jurnal : Cakrawala Pendidikan

Ochoa, E. C. & Lassalle, Y. M. "Editor Introduction". Radical History Review. Vol. 2008, No 102, Fall 2008. Hlm.1-7. Dalam http://www.dukeupress.edu/journals/, diunduh 14 Nopember 2011.

Pervaiz, Naila. (2017). The Subaltern School of Historiography. Pakistan Journal of History and Culture, Vol. XXXVIII, No. 2

Purwanto, Bambang. (2006). Gagalnya Historiografi Indonesia Sentris. Yogyakarta : Ombak.

Rizvi, F., Lingard, B., & Lavia, J. (2006). Postcolonialism and education: Negotiating a contested terrain. Pedagogy, Culture and Society, 14(3), 249–262. https://doi.org/10.1080/14681360600891852.

Sabarguna, B.S. 2005. Analisis Data pada Penelitian Kualitatif. Jakarta : UI Press.

Said, E. (1978). Orientalism: Western concepts of the Orient. Pantheon

Segall, A., Trofanenko, B. M., & Schmitt, A. J. (2018). Critical Theory and History Education. In S. A. Metzger & L. M. Harris (Ed.), The Wiley International Handbook of History Teaching and Learning (hal. 283–309). https://doi.org/10.1002/9781119100812.ch11

Sallis, J. Ed. (1987). Deconstruction and Philosophy. The Texts of Jacques Derrida. Chicago: The University of Chicago Press.

Spivak, Gayatri C. (2008). Etika, Subaltern, dan Kritik Penalaran Poskolonial. Yogyakarta : Pararaton.

Spivak, Gayatri C. (2021). Dapatkah Subaltern Berbicara?. Yogyakarta : Circa

Sulistiyono, Singgih Tri. (2016). Historiografi Pembebasan : Suatu Alternatif. Jurnal Agastya Volume 6 No 1.

Supriatna, Nana. (2007). Konstruksi Pembelajaran Sejarah Kritis. Historia Utama Press, Bandung.

Downloads

How to Cite

Fauzan, R., Maryuni, Y., Rustamana, A., & Apriyani, P. (2022). WACANA SUBALTERN HISTORY MELALUI CRITICAL PEDAGOGY DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Jurnal Ilmiah WUNY, 4(2), 185–199. https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i2.54517