PENTINGNYA INOVASI KURIKULUM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS LOKAL DI MAN 1 BOYOLALI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jwuny.v5i2.50108Abstract
Jenis penelitian ini kualitatif deskripstif dengan dengan kajian studi literatur, dimana menggali kepustakaan yang berupaya mendeskripsikan atau menggambarkan pentingnya inovasi kurikulum dalam pembelajaran sejarah berbasis lokal di MAN 1 Boyolali. Dalam penulisan ini penulis menggunakan berbagai sumber mulai dari jurnal, buku dan dokumen lainya yang relavan dengan kajian dalam penulisan ini. Studi ini berangkat dari oberservasi yang dilakukan dengan peserta didik MAN 1 Boyolali tentang wawasan sejarah lokal atau daerah boyolali. Dari obervasi sedehana tersebut di dapatkan data bahwa kurang pengetahuan peserta didik MAN 1 Boyolali terhadap sejarah lokal Boyolali. Tulisan ini menjabarkan pentingnya pemahaman sejarah lokal bagi peserta didik sebagai saran untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan mengetahui akar sejarah budaya daerahnya mengingat potensi kesejarahan di Boyolali yang besar. Untuk menjaga kelestarian sejarah dan menumbuhkan peserta didik yang mengetahui akan sejarah di Boyolali perlu adanya inovasi kurikulum pembelajaran sejarah berbabasis lokal di MAN 1 BoyolaliReferences
Abdullah, Taufik. 1990. Di Sekitar Sejarah Lokal di Indonesia. Dalam Taufik Abdullah (ed.). Sejarah Lokal di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ananda, Rusydi., Amiruddin. 2017. Inovasi Pendidikan. Medan : CV. Widya Puspita
Aslamiyah,Suaibatul., dkk. 2021. Konsep inovasi dalam pembelajaran. Jurnal : STAI- YAPTIP Pasaman Barat
Asmani, Jamal Ma'mur. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jogyakarta: Diva Press.
Creswell, John W.. 2014. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Metode Campuran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Darmawan, Deni. 2012. Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hasbullah.2019.Dasar- Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Husama, dkk. 2015. Pengantar Pendidikan. Malang : UMM Press
Priyadi. Sugeng. 2012. Sejarah Lokal: Konsep, Metode, dan Tantangannya. Yogyakarta Penerbit Ombak,
Sardiman. 2015. Menakar Posisi Sejarah Indonesia pada Kurikulum 2013. Istoria : Jurnal Pendidikan dan sejarah. Volume 11 No 1 September 2015. https://doi.org/10.21831/istoria.v11i2.7555
Syafaruddin, dkk. 2012. Inovasi Pendidikan. Medan : Perdana Publishing
Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendiidkan Nasional
Sumber lain :
Ricky, Mariyana, 2022. Situs Mataram Kuno Boyolali: Candi Sari, Candi Lawang, dan Cabean Kunti. Solopost..https://www.solopos.com/situs-mataram-kuno-boyolali-candi-sari-candi-lawang-dan cabean-kunti-1308760 di akses pada 18 Mei 2022
BPCP Jateng, 2017. Umbul pengging peninggalan masa lalu yanh mempesona. Kemendikbud.https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/umbul-pengging-peninggalan-masa-lalu-yang-mempesona/ di akses pada 18 Mei 2022
http://boyolali.go.id/22-modules/20-post di akses pada 18 Mei 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.