MEMBELAJARKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS PENGETAHUAN DAUR HIDUP MANUSIA JAWA

Authors

  • Sekar Purbarini Kawuryan

DOI:

https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i5.4215

Abstract

Secara konsepsional, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD dekat dengan lingkungan. Oleh karena itu, pembelajaran IPS SD seharusnya memanfaatkan secara optimal potensi lingkungan agar lebih bermakna. Kenyataannya, hal ini belum dilakukan sebagian besar guru. Pembelajaran IPS SD cenderung tidak kontekstual. Potensi lingkungan setempat, khususnya budaya lokal, belum dimanfaatkan guru secara optimal dalam proses pembelajaran. Pembelajaran tetap mengutamakan pengembangan aspek intelektual dengan buku teks pegangan guru menjadi sumber belajar utama. Beberapa kesimpulan hasil penelitian menunjukkan hal ini, antara lain Pargito di Lampung (2000: 112), Samion di Kalimantan Barat (2002: 25), serta Sasongko (2004:3) maupun Sapri (2000: 16) di Bengkulu. Hal ini mengakibatkan siswa kurang mengapresiasi budayanya.

Published

2015-04-29

How to Cite

Purbarini Kawuryan, S. (2015). MEMBELAJARKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS PENGETAHUAN DAUR HIDUP MANUSIA JAWA. Jurnal Ilmiah WUNY, 16(5). https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i5.4215